Nuryana, Silvi (2024) Komunikasi Persuasif ‘Mbah Bun’ Dalam Kajian Tombo Ati Di Radio Andika Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933511220_Prabab.pdf Download (867kB) |
|
Text
933511220_BAB1.pdf Download (197kB) |
|
Text
933511220_BAB2.pdf Download (255kB) |
|
Text
933511220_BAB3.pdf Download (80kB) |
|
Text
933511220_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text
933511220_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
Text
933511220_BAB6.pdf Download (173kB) |
|
Text
933511220_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text
933511220_LEMBARPERNYATAANPERSETUJUANPUBLIKASI.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK SILVI NURYANA, Dosen Pembimbing Dr. PRILANI, M.Si dan LUKMAN HAKIM, S.I.Kom.,M.Sos.:Komunikasi Persuasif Mbah Bun Dalam Kajian Tombo Ati Di Radio ANDIKA Kediri, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Kajian Tombo Ati, Radio ANDIKA Kediri Komunikasi persuasif menjadi suatu teknik yang efektif untuk menyampaikan dakwah, karena dapat memengaruhi pandangan, sikap, hinga tindakan khalayak sehingga mereka dapat melakukan apa yang disampaikan pendakwah kepadanya. Dakwah tidak hanya bisa dilakukan dengan media tradisional seperti ceramah dan pengajian di masjid saja, namun juga bisa dilakukan dengan media radio. Salah satu radio swasta dengan program dakwah unggulan yang masih eksis di karesidenan Kediri adalah Radio ANDIKA Kediri dengan program Kajian Tombo Ati sejak 2005 hingga sekarang. Program tersebut disiarkan setiap hari Kamis jam 13.00 s.d. 14.00 WIB, dan diisi oleh pendakwah Haji Bundiar (Mbah Bun). Dalam berdakwah, Mbah Bun menggunakan bahasa yang sederhana, moderat, dan tidak kaku, sehingga mudah mudah dipahami. Pesan yang disampaikan juga bersifat membujuk (persuasif). Di tengah kemajuan teknologi dan internet, Kajian Tombo Ati Radio ANDIKA Kediri, masih eksis dan digemari masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori AIDDA yang dikemukakan oleh Wilbur Schramm. AIDDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Decision, dan Action yang menjelaskan rangkaian proses penyampaian pesan yang dapat membangkitkan daya tarik khalayak, sehingga timbul sesuatu keinginan untuk melakukan aksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mbah Bun dalam menyampaikan dakwah di Kajian Tombo Ati Radio ANDIKA Kediri menggunakan bahasa sederhana dan kesan yang hangat, mengenali karakteristik khalayak, penyampaian puisi pesan moral dan pembacaan doa, penyampaian topik yang relevan, merujuk pada sumber yang kredibel, mempunyai motivasi dakwah yang tinggi, menyampaikan motivasi dan energi positif, persiapan yang matang, menggunakan dinamika atau penekanan pada poin penting, komunikasi interaktif dengan khalayak, tidak mudah menyerah dalam berdakwah, dan fleksibel.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | SILVI NURYANA |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:12 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14546 |
Actions (login required)
View Item |