Penerimaan Diri Pada Orang Tua Anak Tunagrahita Di SLB C Putera Asih Kota Kediri

Likhidma, Alhimni (2024) Penerimaan Diri Pada Orang Tua Anak Tunagrahita Di SLB C Putera Asih Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20104154_prabab.pdf

Download (451kB)
[img] Text
20104154_bab1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
20104154_bab2.pdf

Download (331kB)
[img] Text
20104154_bab3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
20104154_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
20104154_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
20104154_bab6.pdf

Download (260kB)
[img] Text
20104154_daftarpustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
20104154_suratpernyataan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap orang tua mendambakan anak normal dan sehat. Namun tidak semua orang tua mendapatkan hal tersebut, ada sebagian orang tua yang dikaruniai anak dengan Tunagrahita. Saat keinginan dan kenyataan berbeda, mereka akan merasa sedih, menolak bahkan tidak menerima keadaan tersebut. Penerimaan diri orang tua memerlukan proses yang panjang dan juga terdapat beberapa faktor yang bisa saja mempengaruhi dalam proses pencapaian penerimaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerimaan diri dan faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua anak tunagrahita di SLB C Putera Asih Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang tua dari siswa tunagrahita di SDLB C Putera Asih Kota Kediri. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) keempat subjek penelitian telah mampu menerima keadaan anaknya, meskipun pada awal mereka memiliki perasaan negatif seperti kekhawatiran yang dirasakan subjek 1 dan subjek 2 serta kecemasan yang dirasakan subjek 3 dan 4. Bentuk penyampaian penerimaan yang dilakukan juga berbeda-beda di setiap subjek, subjek 1 dan subjek 4 yang seringkali mengelus kepala dan memeluk, subjek 2 dan subjek 3 yang seringkali mencium dan menemani anak mereka. 2) Perihal faktor yang mempengaruhi penerimaan, terlihat dari subjek penelitian, faktor budaya pola asuh orang tua terdahulu dan pengalaman awal orang tua dengan anak sangat penting bagi penerimaan diri. Selain itu, dengan adanya kemauan dan kemampuan orang tua dalam menyesuaikan diri dengan anak dan lingkungannya serta rasa percaya diri orang tua dalam merawat anaknya mampu menumbuhkan sikap penerimaan diri pada orang tua sehingga orang tua menganggap bahwa anak mereka juga pantas untuk tumbuh dan berkembang layaknya anak pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: ALHIMNI LIKHIDMA
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:28
Last Modified: 04 Sep 2024 02:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14505

Actions (login required)

View Item View Item