Analisis Penyebab Perusahaan Menolak Klaim Nasabah Asuransi Perspektif Manajemen Asuransi Syariah (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri).”

Ambarwati, Ida (2024) Analisis Penyebab Perusahaan Menolak Klaim Nasabah Asuransi Perspektif Manajemen Asuransi Syariah (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri).”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931422318_PRABAB.pdf

Download (386kB)
[img] Text
931422318_BAB1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
931422318_BAB2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
931422318_BAB3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
931422318_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
931422318_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
931422318_BAB6.pdf

Download (70kB)
[img] Text
931422318_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
931422318_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Ida Ambarwati, 2024. Analisis Penyebab Perusahaan Menolak Klaim Nasabah Asuransi Dalam Perspektif Manajemen Asuransi Syariah (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri). Progam Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Dr. Sulistyowati, SHI, MEI (2) Oktaria Ardika Putri, S.Si., M.M. Kata Kunci : Asuransi Syariah, Manajemen Asuransi Syariah, Penolakan Klaim Proses penyelesaian klaim pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri masih terjadi kesalahan sehingga terjadi penolakan klaim peserta oleh pihak perusahaan. Dengan demikian, sistem manajemen asuransi syariah diharapkan berperan aktif pada perusahaan asuransi dalam hal penyelesaian klaim. Keberadaan proses manajemen asuransi syariah sangat penting bagi semua perusahaan dan keberhasilan kerjasama perusahaan untuk mencapai tujuan yang sangat dipengaruhi oleh kegiatan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan￾pertanyaan bagaimana penyebab penolakan klaim asuransi pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri dan bagaimana analisis penyebab penolakan klaim asuransi pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri dalam manajemen asuransi syariah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan field research karena pendekatan ini memberikan penjelasan lisan secara lengkap dengan menggunakan penalaran induktif dan sangat terpercaya bahwa terdapat perspektif yang dapat dijelaskan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti Staf Marketing dan Staf Administrasi pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa data, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyebab PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri menolak klaim peserta asuransi yaitu dikarenakan pada proses pengajuan klaim beberapa peserta tidak memenuhi prosedur klaim pada Perusahaan. Dengan demikian, peserta tersebut tidak bisa mengajukan banding karena ahli waris sudah jelas tidak memenuhi syarat atau ketentuan prosedur klaim perusahaan. Manajemen asuransi syariah pada PT Asuransi Jiwa Syariah “Al-Amin” Kediri telah berjalan dengan baik, dilihat dari fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling yang berkaitan dengan pengajuan klaim maupun proses penyelesaian klaim. Proses klaim asuransi pada Perusahaan sudah dijalankan secara transparan, dengan memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada peserta.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Ambarwati
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:41
Last Modified: 03 Sep 2024 07:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item