Rohmatin, Ihda Santika Ziyana (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Kekayaan Suku Bangsaku Kelas III SD Negeri Sukorame 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206118_prabab.pdf Download (880kB) |
|
Text
20206118_bab1.pdf Download (292kB) |
|
Text
20206118_bab2.pdf Download (356kB) |
|
Text
20206118_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text
20206118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20206118_bab5.pdf Download (147kB) |
|
Text
20206118_daftarpustaka.pdf Download (219kB) |
|
Text
20206118_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (180kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam proses belajar mengajar. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan jenis media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik ikut berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk merangsang keterlibatan peserta didik dan mendorong pertukaran informasi serta memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis. Maka dari itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline di kelas III SD Negeri Sukorame 2 Kota Kediri, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline di kelas III SD Negeri Sukorame 2 Kota Kediri (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline di kelas III SD Negeri Sukorame 2 Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang menggunakan lima tahap meliputi analysis, design, development, implementation and evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukorame 2 dengan subjek penelitian yaitu kelas III yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah total keseluruhan 29 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, pada tahap respon guru terhadap materi memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, dan pada tahap ahli media mendapatkan nilai kelayakan 98,5% dengan kriteria sangat layak. (2) Hasil angket respon peserta didik kelompok kelompok kecil memperoleh rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil angket respon peserta didik kelompok besar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak. (3) hasil pretest dan posttest kelompok besar memperoleh nilai 0,72 dengan kategori tinggi atau 71,74% dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas III di SD Negeri Sukorame 2 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ihda Santika Ziyana Rohmatin |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14449 |
Actions (login required)
View Item |