Pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kediri

Ni'mah, Ana Fatikhun (2024) Pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
20205052_Prabab.pdf

Download (654kB)
[img] Text
20205053_bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205053_bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205053_bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205053_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20205053_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20205053_bab 6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205053_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20205053_lembar pernyataan.pdf

Download (240kB)

Abstract

Kemampuan seorang guru dalam mempraktikkan manajemen kelas memiliki potensi untuk mempengaruhi prestasi belajar siswa. Karena jika guru dapat mebangun suasana kelas yang baik maka siswa akan senang ketika berada di dalam kelas, ketika siswa senang belajar di dalam kelas maka prestasi belajar siswa tersebut akan meningkat dengan baik. Penelitian ini berlokasi di SMKN 1 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengungkapkan tingkat manajemen kelas di SMKN 1 Kediri, (2) Mengungkapkan tingkat prestasi belajar di SMKN 1 Kediri, (3) Mengungkapkan adanya pengaruh manajmen kelas terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatam kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini sebesar 292 siswa SMKN 1 Kediri yang terdiri dari kelas X, XI dan XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan sampel sejumlah 80 siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa kuesioner dari indikator manajemen kelas, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat Manajemen Kelas (X) di kelas 10 TITL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 137,76. (2) Tingkat Prestasi Belajar (Y) di kelas 10 TITL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 82,65. (3) Adanya pengaruh manajemen kelas (X) terhadapa prestasi belajar (Y) kelas 10 TITL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Kediri dengan nilai sig sebesar 0,00 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas dan prestasi belajar dengan presentase besarnya pengaruh 42% sedangkan 58% dipengaruhi oleh variabel diluar persamaan regresi ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh variabel manajemen kelas terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ANA FATIKHUN NI`MAH
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:33
Last Modified: 06 Sep 2024 06:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item