JOVANKA, LAURA YUANITA JOVANKA 932140019 (2024) PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HUKUM TAJWID PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X-A SMA NEGERI 1 NGRONGGOT. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
932140019_prabab.pdf Download (592kB) |
|
Text
932140019_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (211kB) |
|
Text
932140019_bab1.pdf Download (180kB) |
|
Text
932140019_bab2.pdf Download (305kB) |
|
Text
932140019_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
932140019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
932140019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
932140019_bab6.pdf Download (168kB) |
|
Text
932140019_daftarpustaka.pdf Download (219kB) |
|
Text
932140019_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
LAURA YUANITA JOVANKA 932140019. Dosen pembimbing Dr. Ninik Zuroidah, M.Si., Dr. Hj. Najihatul Fadhliyah, S.H.I. M.Pd.I. Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Pemahaman Hukum Tajwid Pada Mata Pelajaran PAI kelas X-A SMA Negeri 1 Ngronggot, Skripsi, Program Studi Pnedidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Tajwid, Flashcard, SMA Pentingnya memahami hukum tajwid sebagai alat untuk mempermudah, mengetahui panjang pendek, melafazkan dan hukum dalam membaca Al-Quran. Dalam membaca Al-Qur’an tentunya tidak terlepas dari yang namanya ilmu tajwid, karena ilmu tajwid merupakan ilmu yang paling utama yang wajib diketahui oleh setiap muslim. Ilmu tajwid merupakan ilmu tentang cara baca alQur’an secara tepat, yaitu dengan mengeluarkan bunyi huruf dari asal tempatnya (makhraj), sesuai dengan karakter bunyi (sifat) dan konsekuensi dari sifat yang dimiliki huruf tersebut, mengetahui dimana harus berhenti (waqaf) dan dimana harus memulai bacaannya kembali (ibtida’). Tujuan adanya ilmu tajwid adalah agar umat Islam bisa membaca al-Qur’an sesuai dengan bacaan yang diajarkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya, sebagaimana al-Qur’an diturunkan. Jika seorang muslim tidak memiliki pemahaman terhadap Al-Qur’an, pasti akan menghadapi kesulitan dan banyak kesalahan saat membaca Al-qur’an. Maka dari itu, agar tidak terdapat kesulitan dan kesalahan yang dilakukan maka mengharuskan kita untuk memiliki pemahaman tentang ilmu tajwid. Inilah sebabnya mengapa ilmu tajwid selalu dipelajari secara mandiri setiap generasi umat islam telah mewariskan dengan penuh semangat dari generasi ke generasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media flashcard dalam meningkatkan pemahaman hukum tajwid pada siswa kelas X-A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kehadiran peneliti merupkan kunci utama dalam penelitian. Dilanjutkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dalam meningkatkan pemahaman hukum tajwid. Siswa mengtahui tentang hukum tajwid, mulai dari idzhar, ikhfa’, iqlab dan lain sebagainya. Siswa telah menerapkan pada kehidupan sehari-hari mulai dari membaca, dan belajar mencari hukum bacaan yang ada dalam alqur’an maupun buku siswa. Siswa juga mengtahui bahwa apa yang dipelajari itu baik dan bermanfaat bagi kehidupan maupun lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Laura Yuanita Jovanka |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:07 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14403 |
Actions (login required)
View Item |