Strategi Perancangan Islamic Visual Branding dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Markaz Design Sidoarjo

Rizqianto, Diyan (2024) Strategi Perancangan Islamic Visual Branding dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Markaz Design Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931312517_PRABAB.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931312517_BAB1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931312517_BAB2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931312517_BAB3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931312517_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
931312517_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
931312517_BAB6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931312517_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931312517_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_104552.pdf

Download (125kB)

Abstract

DIYAN RIZQIANTO, 2024, “Strategi Perancangan Islamic Visual Branding Dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Markaz Design Sidoarjo”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimbing Dr. Ali Samsuri, M.E.I dan Mohammad Bakir M.Fil.I. Kata Kunci: Islamic Branding, Visual Branding, Brand Awareness. Perkembangan era digital yang sangat cepat mempengaruhi strategi perusahaan menarik perhatian konsumen dan memenangkan pangsa pasar. Perilaku masyarakat kita sangat dekat dengan dunia digital yang berbasis internet, yang semua informasinya berbasis visual atau gambar. Islamic visual branding merupakan suatu proses menanamkan persepsi suatu produk atau jasa melalui elemen visual sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi perancangan Islamic Visual Branding pada Markaz Design Sidoarjo serta menganalisis penerapan Strategi Perancangan Islamic Visual Branding pada Markaz Design Sidoarjo dalam meningkatkan Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menerapkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapat selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Pengecekan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi perancangan islamic visual branding pada Markaz Design adalah (1) Segmentasi untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen kecil berdasarkan karakteristik serupa dan memilih segmen mana yang akan dilayani. (2) Targetting untuk mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih segmen yang tepat untuk dimasuki. (3) Possitioning untuk mendapatkan mind share dari pasar sehingga dapat menciptakan kesadaran merek. (4) Differensiasi untuk menciptakan posisi yang unik dan bernilai sehingga memudahkan pasar dalam mengenali sebuah merek. Seluruh strategi tersebut di terapkan sesuai prinsip kejujuran dan amanah (tanggungjawab). Penerapan visual branding Markaz Design Sidoarjo dilakukan secara konsisten pada website, media sosial, eksterior dan interior kantor sesuai pada pedoman sistem identitas. Strategi dalam meningkatkan brand awareness pada Markaz Design Sidoarjo dikemas dengan program Markaz Claz untuk mendapatkan brand awareness pada kalangan akademisi dan UMKM, mentoring UMKM bersama Dinas di Pemerintahan untuk meningkatkan brand awareness pada Pemerintah dan UNKM serta Social Branding untuk meningkatkan brand awareness pada Masyarakat sekitar. Tingkatan brand awareness Markaz Design pada tingkatan Brand Recall yang mana publik mengenalnya berdasarkan kategori layanan sebagai brand konsultan untuk UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN (Desain dan Tata Ruang) > 1203 Design Practice and Management > 120307 Visual Communication Design (incl. Graphic Design)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: DIYAN RIZQIANTO
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:18
Last Modified: 27 Aug 2024 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14374

Actions (login required)

View Item View Item