Manajemen Kurikulum Dalam Penerapan Program Bahasa Di Pondok Pesantren Tahfidz Qurán Hadits Dan 9 Bahasa Ngasem Bojonegoro

Latifah, Umi (2024) Manajemen Kurikulum Dalam Penerapan Program Bahasa Di Pondok Pesantren Tahfidz Qurán Hadits Dan 9 Bahasa Ngasem Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205074_prabab .pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205074_Bab1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
20205074_Bab2.pdf

Download (484kB)
[img] Text
20205074_Bab3.pdf

Download (146kB)
[img] Text
20205074_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
20205074_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
20205074_Bab6.pdf

Download (125kB)
[img] Text
20205074_Daftar_Pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
20205074_suratpernyataan.pdf

Download (197kB)

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan sebuah sistem yang mengolah kurikulum secara kooperatif, komprehensif, sistemik dan sistematik yang menjadi acuan dari lembaga pendidikan dalam rangka untuk mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Sehingga dalam penerapan program bahasa sangat membutuhkan manajemen kurikulum guna mewujudkan tujuan program bahasa yakni untuk membekali santri dengan keterampilan pengembangan bahasa serta pengetahuan bahasa. Begitupun untuk menunjang program bahasa Pondok pesantren tahfidz qur’an hadits dan 9 bahasa memberikan berbagai program yang terjadwal secara baik dan terstruktur. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan 1) mengetahui perencanaan kurikulum dalam menerapkan program bahasa di pondok pesantren tahfidz qur’an hadits dan 9 bahasa, 2) mengetahui pengorganisasian kurikulum dalam penerapan program bahasa di pondok pesantren tahfidz qur’an hadits dan 9 bahasa, 3) mengetahui pelaksanaan kurikulum dalam menerapkan program bahasa di pondok pesantren tahfidz qur’an hadits dan 9 bahasa dan 4) mengetahui evaluasi kurikulum dalam penerapan program bahasa di pondok pesantren tahfidz qur’an hadits dan 9 bahasa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan sumber data wawancara dengan pengasuh pondok dan ustadzah pengembangan bahasa, observasi dan dokumentasi dari sosial media dan dari ustadzah yang bertanggungjawab. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Yang kemudian akan dilakukan pengecekan dengan triangulasi. Hasil kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan adanya manajemen kurikulum dalam penerapan program bahasa meliputi 1) bahwa perencanaan program bahasa melalui tahap analisis kebutuhan sebelum adanya program, menentukan tujuan atau merumuskan dan menjawab filosofis, dan menentukan desain program bahasa, 2) bahwa pengorganisasian program bahasa membentuk sebuah pengurus sebagai pengendali kegiatan program bahasa, 3) bahwa pelaksanaan program bahasa ini telah terstruktur melalui kegiatan proses belajar mengajar dan bimbingan menyeluruh, 4) bahwa evaluasi manajemen ini menjadi sebuah tolak ukur dari kegiatan program bahasa yang telah terlaksana dimana apakah program bahasa tersebut sudah terlaksana dengan baik serta dapat menjadi acuan dalam pengembangan bahasa. Dengan demikian dalam manajemen kurikulum dalam penerapan program bahasa pondok pesantren tahfidz qur’an hadits dan 9 bahasa dapat berjalan sesuai dengan tujuan serta visi dan misi pondok pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UMI LATIFAH
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:13
Last Modified: 26 Aug 2024 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item