Analisis Implementasi Manajemen Risiko Dalam Proses Underwriting Produk At-Ta'min Fadhillah (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Kediri)

Danisa, Nanda Rahma (2024) Analisis Implementasi Manajemen Risiko Dalam Proses Underwriting Produk At-Ta'min Fadhillah (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20402010_prabab.pdf

Download (572kB)
[img] Text
20402010_bab1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
20402010_bab2.pdf

Download (285kB)
[img] Text
20402010_bab3.pdf

Download (175kB)
[img] Text
20402010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
20402010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
20402010_bab6.pdf

Download (64kB)
[img] Text
20402010_daftarpustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
20402010_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

NANDA RAHMA DANISA, Dosen Pembimbing Dr. Hj SULISTYOWATI, SHI, M.E.I dan Dr. BINTI MUTAFARIDA, SE.,MEI, Analisis Implementasi Manajemen Risiko Dalam Proses Underwriting Produk At Ta’min Fadhillah (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Kediri), Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Manajemen Risiko, Underwriting, Produk At Ta’min Fadhillah Manajemen risiko merupakan cara perusahaan yang digunakan untuk mengelola risiko yang dihadapi. PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Kediri adalah perusahaan asuransi jiwa yang mengelola risiko setiap peserta yang tergabung didalamnya. Produk unggulan yang dimiliki oleh perusahaan adalah At Ta’min Fadhillah yang memberikan banyak manfaat untuk peserta asuransi sehingga memiliki peminat yang banyak. Produk At Ta’min Fadhillah adalah produk yang memberikan manfaat pertanggungan saat peserta ditakdirkan meninggal dunia atau mengalami musibah kecelakaan dan memberikan manfaat tambahan yaitu badal haji/umrah. Peserta yang tergabung dalam produk asuransi ini sebelumnya harus melewati proses underwriting. Underwriting merupakan proses seleksi calon peserta sebelum dinyatakan diterima atau tidak sebagai peserta asuransi. Proses underwriting sangat penting dilakukan untuk produk unggulan karena produk unggulan memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan yang banyak apabila risiko yang diterima dikelola dengan baik. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan implementasi manajemen risiko produk At Ta’min Fadhillah dan menjelaskan implementasi manajemen risiko dalam proses underwriting produk At Ta’min Fadhillah pada PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data diperoleh dari data primer maupun sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekukan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi manajemen risiko pada produk At Ta’min Fadhillah adalah dengan memberikan batasan usia saat peserta gabung, memberikan ekstra premi pada peserta yang memiliki risiko tinggi dan melebihi ketentuan yang telah ditetapkan, serta mecabut polis peserta yang sudah terlambat pembayaran premi untuk mencegah kecurangan oleh oknum. Proses underwriting pada produk At Ta’min Fadhillah dilakukan dalam dua tahap, yaitu field underwriting dan home office underwriting. Penerapan manajemen risiko dalam proses underwriting produk At Ta’min Fadhillah PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin dilakukan dengan identifikasi peserta dengan melihat usia, analisis risiko peserta (perankingan risiko), evaluasi risiko, perlakuan terhadap risiko (penentuan peserta diterima atau ditolak), dan pemantauan risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Nanda Rahma Danisa
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:09
Last Modified: 27 Aug 2024 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14322

Actions (login required)

View Item View Item