Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Cahaya Dan Alat Optik

ARWANDA, AGNES MILLYNIA PUTRI (2024) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Cahaya Dan Alat Optik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20208015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20208015_bab1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
20208015_bab2.pdf

Download (507kB)
[img] Text
20208015_bab3.pdf

Download (432kB)
[img] Text
20208015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
20208015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
20208015_bab6.pdf

Download (233kB)
[img] Text
20208015_daftarpustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
20208015_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
20208015_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (192kB)

Abstract

AGNES MILLYNIA PUTRI ARWANDA, Dosen Pembimbing Dr. Yulianti Yusal, M.Pd. dan Atika Anggraini, M.Pd., Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Cahaya Dan Alat Optik, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis Model Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran yang menyajikan masalah untuk dipecahkan oleh siswa sehingga siswa terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dan diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan Post-Test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa VIII di MTsN 4 Kediri. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model problem based learning (PBL) dan kelas VIII C sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pusposive sampling. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes keterampilan berpikir kritis yang berjumlah 8 butir soal dalam bentuk uraian pada materi cahaya dan alat optik. Indikator keterampilan berpikir kritis adalah penafsiran, analisis, kesimpulan, evaluasi, penjelasan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,32 dan kelas kontrol sebesar 65,77. Sedangkan analisis inferensial ditemukan nilai uji independent samples test t-test Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0.000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikansi dari keterampilan berpikir kritis antara siswa yang diajar pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan yang diajar pembelajaran Konvensional pada materi cahaya dan alat optik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0205 Optical Physics (Fisika Optik) > 020501 Classical and Physical Optics (Optik Klasik dan Fisik)
03 CHEMICAL SCIENCES (Ilmu Kimia) > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry (Kimia Makromolekul dan Material) > 030303 Optical Properties of Materials (Sifat Optik Bahan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: AGNES MILLYNIA PUTRI ARWANDA
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:31
Last Modified: 26 Aug 2024 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item