Astuti, Hesti Fitri (2019) Pemanfaatan Media Peraga Dan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Putri Ar-Roudloh Ngronggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932128915 - PRABAB .pdf Download (626kB) |
|
Text
932128915 - BAB I.pdf Download (501kB) |
|
Text
932128915 - BAB II.pdf Download (558kB) |
|
Text
932128915 - BAB III.pdf Download (345kB) |
|
Text
932128915 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932128915 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
932128915 - BAB VI.pdf Download (298kB) |
|
Text
932128915 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
|
Text
932128915 - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran al-Qur’an itu bisa dimulai dari anak usia dini agar jiwa kereligiusan pada diri sang anak. Untuk mempermudah dalam melatih pembelajaran membaca al-Qur’an pada anak itu terdapat berbagai macam metode salah satunya yakni metode Ummi. Metode Ummi adalah suatu metode membaca, menulis dan menghafal juz ‘Amma dengan cara membaca cepat mengunakan lagu Rost (tinggi rendah), serta dalam penunjang untuk pembelajarannya itu yang paling utama menggunakan alat peraga sebagai alat penunjang untuk mempermudah dan memahami para peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an. metode Ummi sangat efektif dan efisien untuk diterapkan, metode Ummi ini juga diterapkan di pondok pesantren putri ar-Roudloh ngronggo kota Kediri dengan fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan media peraga dan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di pondok pesantren ar-Roudloh ngronggo kota Kediri, 2) Bagaimana materi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an, 3) bagaimana evaluasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an. Untuk mengungkap fenomena diatas yang relevan dan hasilnya optimal, maka pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) pemanfaatan media peraga dan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an itu sangat efektif serta dapat dengan mudah dipahami dan diingat dalam pembelajaran al-Qur’an. 2) adapun materi dari metode Ummi itu sendiri ada 3 tahapan yakni: jilid 1-6, gharib, dan tajwid. 3) evaluasi metode Ummi ini menggunakan uji tes, pra tashih dan tashih, yang bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran al-Qur’an metode Ummi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 02:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 02:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1425 |
Actions (login required)
View Item |