Elrahma, Salma Romza Salsabila (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Mysteri Box Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Sunan Ampel Wonorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932607620_PRABAB.pdf Download (598kB) |
|
Text
932607620_BAB I.pdf Download (346kB) |
|
Text
932607620__BAB II.pdf Download (311kB) |
|
Text
932607620_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
932607620_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932607620_BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
932607620_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
932607620_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932607620_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (113kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat masalah dalam pembelajaran IPAS di kelas IV MI Sunan Ampel Wonorejo , dimana peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi bagian tubuh tumbuhan serta mengalami kesulitan dalam mengaitkan materi bagian tubuh tumbuhan dengan lingkungan sekitar. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik ini dapat mempengaruhi hasil belajar mereka, oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk akhir yang dikembangkan adalah media mysteri box yang bertujuan untuk menciptakan media yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Wonorejo pada materi bagian tubuh tumbuhan. Penelitian ini adalah dilaksanakan di MI Sunan Ampel Wonorejo Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, dengan siswa kelas IV yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli media dari dosen memperoleh presentase sebesar 74% dengan kriteria “layak”, pada tahap validasi media pada guru memperoleh presentase sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak” sedangkan pada tahap validasi ahli materi dari dosen mendapatkan presentase sebesar 96% dengan kategori “sangat layak” dan dari ahli media dari guru mendapatkan presentase 96% dengan kategori “sangat layak” yang terakhir validasi soal pre test-post test mendapat presentase sebesar 76% dengan kategori”layak”. (2) Hasil respon peserta didik kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 97% dengan kategori “sangat layak’ dan dari kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 98% dengan kategori “sangat layak”. (3) Peneliti melakukan uji coba dengan melakukan pre test dan post test dengan mendapatkan hasil analisis data berupa skor rata-rata pre test = 49,8 dan hasil analisis data berupa skor rata-rata post test = 82,6 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran mystery box. Selain itu hasil uji N-gain mendapat hasil sebesar 0,6301 yang berarti terdapat peningkatan dengan kategori “efektif” artinya media mysteri box dapat menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi Pengembangan media mysteri box tumbuhan mata Pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Sunan Ampel Wonorejo
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Salma Romza Salsabila Elrahma |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 07:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14244 |
Actions (login required)
View Item |