Mahfutra, Mohamad Erwin (2024) Peran Guru PAI Dalam Penerapan Teori Ekoteologi di Lingkungan MTSN 2 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932115020_prabab.pdf Download (746kB) |
|
Text
932115020_bab1.pdf Download (317kB) |
|
Text
932115020_bab2.pdf Download (372kB) |
|
Text
932115020_bab3.pdf Download (253kB) |
|
Text
932115020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932115020_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
Text
932115020_bab6.pdf Download (160kB) |
|
Text
932115020_daftarpustaka.pdf Download (251kB) |
|
Text
932115020_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (114kB) |
Abstract
Tuhan menciptakan alam supaya menjadikan fasilitas bagi umat manusia dan Allah SWT mempercayakan manusia untuk menjadi khalifah duniawi. Allah memberinya kemampuan untuk mengatur alam semaksimal mungkin sebagai khalifah dan untuk mendapatkan sumber daya yang diperlukan untuk kelangsungan hidup hingga hari Pembalasan. banyak terjadi kasus eksploitasi kerusakan lingkungan akibat ulah manusia yang mengakibatkan terjadi benncana alam dan Kerusakan lingkungan hidup terjadi diakibatkan oleh Kepedulian terhadap lingkungan masih rendah. Penilitian ini berfokus pada peran guru sebagai pendidik dalam penerapan teori ekoteologi dan peran guru sebagai dalam penerapan teori ekoteologi di MTsN 2 Kabupaten Kediri. Dengan harapan mewujudkannya pemikiran kepeda peserta didik bagaimana memperlakukan alam semesta menurut Sunnatullah dimulai dari lingkungan madrasah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskritif. Sumber data diperoleh dari Waka Kurikulum Guru Al-Quran Hadis, Guru Akidah Akhlak, Guru Seni Budaya, Guru Prakarya, Siswa melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Dengan hasil penelitian: 1. Peran Guru PAI sebagai pendidik dalam menerapkan teori ekoteologi di lingkungan MTsN 2 Kabupaten Kediri di mulai pengajaran materi mengenai ekoteologi diajarkan di madrasah melalui kegiatan pembelajaran dikelas baik dari segi teori, nilai, dan penerapannya. Sebagai fasilitator pendidik juga sangat menekankan akan pentingnya peduli lingkungan melalui kegiatan yang bersifat pelestarian lingkungan berdasarkan ajaran syariat islam. Pendidik juga selalu memotivasi peserta didik untuk selalu berakhlak peduli terhadap lingkungan sesuai dengan perintah Allah Swt dalam Al-Quran setiap saat minimal di lingkungan kelas dan madrasah. 2. Peran guru PAI sebagai suri tauladan dalam menerapkan teori ekoteologi melalui program adiwiyata dan memberi bimbingan pembentukan akhlak melalui wawasan Pendidikan lingkungan hidup. Pendidik memberikan apresiasi langsung di depan peserta didik yang mau menerapkan ekoteologi di lingkungan madrasah dalam rangka mendemonstrasikan akhlak peduli lingkungan ini. pendidik memberikan contoh praktek peduli lingkungan langsung di depan siswa dengan juga melalui kegiatan progam adiwiyata. Evaluasi dilakukan pada akhir pembelajaran setelah ujian semester dengan diadakan class metting atau lomba kebersihan dan keindahan taman dan lingkungan kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOHAMAD ERWIN MAHFUTRA |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:16 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14227 |
Actions (login required)
View Item |