Peran Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Di Mutiara Catering Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri)

Ashar, Nurul Azizatul (2024) Peran Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Di Mutiara Catering Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934102519_prabab.pdf

Download (512kB)
[img] Text
934102519_bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
934102519_bab2.pdf

Download (289kB)
[img] Text
934102519_bab3.pdf

Download (216kB)
[img] Text
934102519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
934102519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
934102519_bab6.pdf

Download (161kB)
[img] Text
934102519_daftar_pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
934102519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi Azizah.pdf

Download (61kB)

Abstract

Nurul Azizatul Ashar, 2024. Peran Strategi Diversifikasi Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi di Mutiara Catering Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Ibu Dr. Andriani, SE, MM (2) Arif Zunaidi, SHI, MEI. Kata Kunci : Strategi, Diversifikasi Produk, Volume Penjualan, Catering Skripsi ini merupakan kajian ilmiah tentang strategi diversifikasi produk dalam meningkatkan volume penjualan pada Mutiara Catering Ibu Aning di Desa Kambingan, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana strategi diversifikasi produk yang dilakukan oleh Mutiara Catering Ibu Aning dan bagaimana strategi tersebut berkontribusi dalam meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik usaha, karyawan produksi, serta konsumen Mutiara Catering Ibu Aning. Keabsahan data diverifikasi melalui keikutsertaan peneliti, penetapan titik pengamatan dalam observasi, dan triangulasi. Tahap penelitian meliputi pra-lapangan, lapangan, analisis, dan penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahun 2018 hanya memiliki varian dari jenis tumpeng, nasi kotak, snack dan hanya beberapa varian kue kering, kemudian pada tahun 2019 ditambahkan aqiqah dan juga prasmanan serta beberapa varian dari jenis nasi kotak, snack dan kue kering, serta pada tahun 2020 ditambahkan lagi varian dari jenis prasmanan, tumpeng, snack, jamu tradisional dan kue kering. Dahulu hanya memiliki ukuran produk 12 varian produk, kemudian pada tahun 2023 berjumlah 68 varian produk dari berbagai jenis produk seperti aqiqah, prasmanan, tumpeng, nasi kotak, snack, minuman, dan kue kering. (2) Mutiara Catering Ibu Aning mengalami fluktuasi penjualan setelah melakukan diversifikasi Dimana penurunan paling drastis terjadi pada tahun 2020 yakni sebesar 40,91% dikarenakan masa pandemi permintaan pemesanan Mutiara Catering menurun, dikarenakan keluarnya peraturan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat pandemi virus corona (covid-19). Kemudian mengalami kenaikan penjualan paling banyak sebesar 39,27% pada tahun 2021 sampai 2023 karena Ibu Aning mulai mendiversifikasi produknya lagi dengan penambahan produk Mutiara Catering pada varian jenis peoduk tumpeng, nasi kotak, snack, dan kue kering.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Azizatul Ashar
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:00
Last Modified: 22 Aug 2024 05:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14212

Actions (login required)

View Item View Item