Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Murabahah (Studi di BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih)

Putri, Aldela Pratama (2024) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Murabahah (Studi di BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20402054 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20402054 bab 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
20402054 bab 2.pdf

Download (383kB)
[img] Text
20402054 bab 3.pdf

Download (588kB)
[img] Text
20402054 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
20402054 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
20402054 bab 6.pdf

Download (117kB)
[img] Text
20402054 daftar pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
20402054 lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
surat pernyataan.pdf

Download (56kB)

Abstract

Skripsi ini adalah kajian ilmiah yang membahas mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah pada BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada pembiayaan murabahah pada BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih dan bagaimanakah strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah pada BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti kepala bagian pembiayaan, kepala bagian operasional, kepala kas, account officer, customer service, teller juga beberapa nasabah BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pada produk pembiayaan murabahah pada BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih adalah strategi product yaitu memberikan kemudahan untuk nasabah dalam memilih dimana penggunaan dana tersebut akan dipakai. Strategi price pihak bank menawarkan bagi hasil yang tidak berani tinggi, dikarenakan diawasi oleh OJK, srategi promotion yang dengan melakukan pembukaan bouth di event-event, promosi media sosial, penyebaran pamflet & browsur, memeintenece melalui whatsup dengan mengajak nasabah lama aktif untuk mengajak saudara, memfoolow up melalui whatsup nasabah lama yang sudah mengajukan pembiayaan dengan memberi penawaran kembali dengan kemudahan proses lebih cepat. Strategi people adalah dengan perilaku dan sikap serta kinerja karyawan. Strategi physical evidence yaitu ruangan yang harum, nyaman, dingin dan bersih. Strategi process yaitu pencairan dana yang cepat jika sudah mendapatkan persetujuan pusat. Strategi place yang sudah diterapkan sebelum kantor kas dibangun yang berada di lokasi yang strategis. Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah pada BPRS Artha Pamenang Kantor Kas Ngadiluwih dilihat dari beberapa indikator, yaitu komunikator yang responsivereness dalam memasarkan produk, dapat melihat hambatan dan penyelesaiannya, raliability atau kemampuan perusahaan dalam memasarkan produk, kiat-kiat dan bukti fisik tanglebes yang dilakukan agar nasabah tetap menggunakan produk murabahah, selanjutnya feedback dari nasabah dapat dilihat dari meningkatnya jumlah nasabah pembiayaan murabahah dalam beberapa tahun terakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012703 Murabahah & Bai' Muajjal (Credit Sale)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: ALDELA PRATAMA PUTRI
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:23
Last Modified: 22 Aug 2024 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14210

Actions (login required)

View Item View Item