Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata (Studi Kasus Melta Waterland, Desa Dawung, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri)

Lailiyasari, Nurita (2024) Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata (Studi Kasus Melta Waterland, Desa Dawung, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401049_prabab.pdf

Download (410kB)
[img] Text
20401049_bab1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
20401049_bab2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
20401049_bab3.pdf

Download (240kB)
[img] Text
20401049_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
20401049_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
20401049_bab6.pdf

Download (142kB)
[img] Text
20401049_daftarpustaka.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Nurita Lailiyasari, Dosen Pembimbing Dr. H. Jamaludin Acmad Kholik, MA, dan Ning Purnama Sariati, M.EI, Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata (Studi Kasus Melta Waterland, Desa Dawung, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Jumlah Pengunjung Pengembangan pariwisata dengan sasaran wisatawan nusantara maupun mancanegara juga akan memacu lajunya pertumbuhan ekonomi daerah, karena pariwisata tidak berdiri sendiri. Dengan adanya strategi ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal di Melta Waterland dapat mengembangkan, memberdayakan masyarakat lokal, dan menaikan jumlah pengunjung wisata, dalam hal ini sejalan dengan tujuan Ekonomi Kreatif di bidang pariwisata dilihat dari sudut ekonomi, keberhasilan kegiatan industri akan menghasilkan perubahan yang berarti dalam struktur perekonomian masyarakat, penyerapan tenaga kerja, meningkatkan jumlah pengunjung wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Pemilik Melta Waterland, HRD Melta Waterland dan beberapa pengunjung wisata. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Strategi Pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal pada melta waterland yang dapat dilakukan oleh pengelola Melta Waterland menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran dengan memperhatikan 7P: Product, Price, Promotion, People, Physical evidence, Process dengan menganalisis pasar dan pesaing, berkolaborasi dengan program desa, bekerjasama dengan mitra usaha, dan pemerintah. Strategi ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal pada melta waterland yang untuk meningkatkan pengunjung wisata dengan menambah wahana baru. Selain meningkatkan pengunjung wisata, pengembangan wisata ini dapat meningkatkan kesejahteraan mayarakat, membuka lapangan kerja baru, serta meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar wisata Melta Waterland.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: NURITA LAILIYASARI
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:48
Last Modified: 21 Aug 2024 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item