Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Dan Literasi Sains Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Siswa Kelas VIII MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri

PRASSASTIE, FADILLA EKA (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Dan Literasi Sains Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Siswa Kelas VIII MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20208004_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20208004_bab1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
20208004_bab2.pdf

Download (567kB)
[img] Text
20208004_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
20208004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20208004_bab5.pdf

Download (417kB)
[img] Text
20208004_daftarpustaka.pdf

Download (437kB)
[img] Text
20208004_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
20208004_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (193kB)

Abstract

Fadilla Eka Prassastie, Dosen Pembimbing Agus Miftakus Surur,S.Si. M.Pd., dan Aziza Anggi Maiyanti,S.Si.M.Pd., Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Dan Literasi Sains Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Siswa Kelas VIII MTS Sunan Gunung Jati Gurah Kediri , Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah, (IAIN) Kediri, 2024. Kata kunci : Pengembangan Modul, IPA, Etnosains, Literasi Sains, Zat Aditif, Zat Adiktif, Siswa Kelas VIII, MTS Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains dan literasi sains pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa kelas VIII di MTS Sunan Gunung Jati Gurah, Kediri. Pengembangan modul ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi langkah-langkah dari model 4D, yang meliputi (Define, Design, Develop, Dessimination).Pada penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi, ahli media, ahli Lkpd, dan ahli keterbacaan. Validasi modul dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli Lkpd, dan ahli keterbacaan, yang masing-masing memberikan penilaian terhadap aspek yang relevan. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli Lkpd dan ahli keterbacaan menunjukkan bahwa modul ini sangat layak digunakan dengan skor validasi rata-rata 84 Selain itu, respon siswa terhadap modul ini sangat positif dengan rata-rata tingkat kepuasan yang menunjukkan bahwa modul dalam kriteria layak. Dengan demikian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Etnosains dan Literasi Sains untuk materi zat aditif dan zat adiktif melibatkan empat tahapan: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, yang menghasilkan modul pembelajaran menarik secara visual dan konten. Serta, evaluasi kelayakan menunjukkan hasil yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata 1 dan kelayakan 100% dari segi media, serta skor rata-rata 33,89 dan kelayakan 100% dari segi materi, menandakan validitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: FADILLA EKA PRASSASTIE
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:21
Last Modified: 22 Aug 2024 03:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14163

Actions (login required)

View Item View Item