Zuhairi, Muhammad Fadli (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Saat Pembelajaran Pada Kelas VIII di SMPN 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201023_prabab.pdf Download (564kB) |
|
Text
20201023_bab1.pdf Download (250kB) |
|
Text
20201023_bab2.pdf Download (279kB) |
|
Text
20201023_bab3.pdf Download (130kB) |
|
Text
20201023_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text
20201023_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
20201023_bab6.pdf Download (154kB) |
|
Text
20201023_daftarpustaka.pdf Download (173kB) |
|
Text
20201023_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201023_sp.pdf Download (211kB) |
Abstract
Kecerdasan emosional dan pendidikan agama Islam saling memiliki keterkaitan karena pendidikan agama Islam mengajarkan dan membentuk moral anak agar menjadi lebih baik dan memiliki etika sopan santun yang baik untuk karena itu pendidikan agama Islam memiliki peran aktif dalam perkembangan, sehingga membawa transformasi positif dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dilakukan pendidik PAI kelas VIII yang berdampak peserta didik mengenali emosi untuk belajar lebih baik, serta membangun hubungan sosial yang sehat, baik terhadap temanya atau pendidik dan mengelola stres atau frustasi saat mengerjakan tugas, ujian atau tuntutan akademis. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui apa yang dilakukan pendidik dalam pelajaran pendidikan agama Islam dalam memaksimalkan perkembangan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMPN 8 Kediri, 2) Mengetahui bagaimana perkembangan kecerdasan emosional peserta didik dalam pelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VIII SMPN 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah teori Miles dan Huberman. Subyek penelitian ini merupakan pendidik PAI dan Peserta didik kelas VIII SMPN 8 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, Upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Kediri adalah pembiasaan berdoa’ sebelum kegiatan pembelajaran dan pemberian motivasi, menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam saat peserta didik frustasi, memberikan arahan dan teguran dalam mengembangkan sifat tidak melebih-lebihkan kesenangan, menanamkan rasa kasih sayang dan empati dalam mengembangkan kemampuan dorongan hati dan menjaga suasana hati peserta didik. Kedua, perkembangan kecerdasan emosional peserta didik saat pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Kediri terdapat hubungan antara pelajaran pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional. Perkembangan emosional berupa mengenali emosi, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD FADLI ZUHAIRI |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:41 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14146 |
Actions (login required)
View Item |