Nisak, Mita Zurrotun (2023) Pengembangan Modul Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Quick Response Code Untuk Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs An-Nahdliyyah Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201053_prabab.pdf Download (821kB) |
|
Text
20201053_bab1.pdf Download (224kB) |
|
Text
20201053_bab2.pdf Download (176kB) |
|
Text
20201053_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
Text
20201053_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201053_bab5.pdf Download (50kB) |
|
Text
20201053_daftarpustaka.pdf Download (106kB) |
|
Text
20201053_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
20201053_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (192kB) |
Abstract
NISAK, MITA ZURROTUN. 2023. Pengembangan Modul SKI Berbasis Quick Response Code untuk Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs An-Nahdliyyah Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiayah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. Septiana Purwaningrum, M. Pd., dan (2) Ummiy Fauziyah Laili, M. Si. Kata Kunci: Modul SKI, QR Code, Pengembangan, Bahan Ajar Pengembangan modul SKI berbasis QR Code untuk siswa kelas VII semester gasal di MTs An-Nahdliyyah Mojokerto dilatarbelakangi oleh tidak tersedianya sumber bahan ajar yang interaktif, kurangnya keterampilan pendidik dalam menyediakan bahan ajar, adanya pengualangan metode pembelajaran, adanya rasa bosan pada peserta didik ketika pembelajaran SKI, dan belum optimalnya guru dalam mengaplikasikan teknologi pada pembelajaran. Tujuan pengembangan ini di antaranya: 1) untuk menjelaskan proses pengembangan modul SKI berbasis QR Code untuk siswa kelas VII semester gasal di MTs An-Nahdliyyah Mojokerto; 2) untuk mengetahui viliditas pengembangan modul SKI berbasis QR Code untuk siswa kelas VII semester gasal di MTs An-Nahdliyyah Mojokerto; 3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan modul SKI berbasis QR Code untuk siswa kelas VII semester gasal di MTs An-Nahdliyyah Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan angket validasi, angket respon, wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1) proses pengembangan modul SKI berbasis QR Code ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan. Modul ini dikembangkan menggunakan software Canva, QR Code di dalam modul ini dibuat berbantuan situs web QR Code Generator dengan jumlah total QR Code 62, 42 QR Code video, 1 QR Code gambar, 5 QR Code kuis, dan 14 QR Code soal, serta dengan bantuan TinyURL untuk menyederhanakan URL QR Code; 2) tingkat kevalidan modul SKI berbasis QR Code dinyatakan sangat tinggi yakni validasi materi sebesar 99%, ahli bahasa sebesar 96,5%, dan ahli media sebesar 95,5%. Sementara respon dari peserta didik didapatkan 93%; 3) efektivitas pembelajaran menggunakan modul SKI berbasis QR Code telah memenuhi lima indikator efektivitas pembelajaran yakni, a) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa modul SKI berbasis QR Code dapat meningkatkan minat belajar siswa, b) proses komunikatif menunjukkan bahwa modul SKI berbasis QR Code dapat membangun komunikasi dua arah, c) respon peserta didik menunjukkan bahwa modul SKI berbasiS QR Code dapat menstimulus peserta didik untuk mengemukakan pendapat dan pertanyaan, d) hasil belajar menunjukkan bahwa modul SKI berbasis QR Code dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang diketahui dari hasil pre-test dan post-test, diperoleh nilai rata-rata pre-test 63,7 dan nilai post-test 92, e) aktivitas belajar menunjukkan bahwa modul SKI berbasis QR Code dapat membantu peserta didik untuk memahami materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mita zurrotun Nisak |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14132 |
Actions (login required)
View Item |