Strategi Fundraising Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Pengumpulan Dana ZIS Di LAZISNU Kabupaten Kediri

Ulum, Muhammad Reza Bahrul (2024) Strategi Fundraising Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Pengumpulan Dana ZIS Di LAZISNU Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931322418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931322418_bab1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
931322418_bab2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
931322418_bab3.pdf

Download (110kB)
[img] Text
931322418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
931322418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
931322418_bab6.pdf

Download (75kB)
[img] Text
931322418_daftarpustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text
931322418_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penghimpunan dana atau fundraising merupakan kegiatan penting dan utama dalam sebuah lembaga pengelolaan zakat, infak, dan sedekah. Fundraising berperan penting bagi lembaga atau organisasi sosial dalam upaya mendukung jalannya program dalam kegiatan roda operasional yang telah digariskan. Agar program-program di LAZISNU berjalan dengan baik maka strategi fundraising juga harus berjalan dengan baik. Salah satu strategi fundraising di LAZISNU Kabupaten Kediri yaitu dengan cara memanfaatkan peran instagram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang mana pendekatan ini berfokus pada fenomena peran strategi fundraising melalui instagram dalam meningkatkan dana ZIS. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah wawancara dengan ketua LAZISNU, devisi fundraising, MedKom serta pengurus lainnya. Adapun data sekunder adalah jurnal dan buku yang relevan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Strategi Fundraising Melalui Instagram di LAZISNU Kabupaten Kediri dapat diketahui melalui beberapa poin, diantaranya; Perumusan strateginya adalah dari segi isi konten dan waktu pelaksanaannya. Implementasi yang dilakukan bertujuan untuk menghimpun dana ZIS, menghimpun muzakki, membentuk dan meningkatkan citra lembaga secara tidak langsung. Dari perumusan strategi dan implementasi yang sudah dilakukan maka bahwa fundraising yang dilakukan oleh LAZISNU sudah sesuai dengan tujuan fundraising. (2) Peran Strategi Fundraising Melalui Instagram di LAZISNU Kabupaten Kediri dalam meningkatkan pengumpulan dana ZIS diantaranya; LAZISNU memanfaatkan media massa khususnya Instagram sebagai objek promosi untuk membangun brand image lembaga dan memberikan informasi kepada umat mengenai kegiatan dan layanan beserta program-programn yang dimiliki LAZISNU sehingga juga akan berpengaruh terhadap tingkat penerimaan dana zakat, infaq, dan sedekah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD REZA BAHRUL ULUM
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:28
Last Modified: 19 Aug 2024 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item