Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Berbantuan Assembelr Edu Materi Bangun Ruang Kelas V MI Bustanul Mu'min

Robi'ah, Siti Mukaromah Nur (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Berbantuan Assembelr Edu Materi Bangun Ruang Kelas V MI Bustanul Mu'min. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206109_prabab.pdf

Download (962kB)
[img] Text
20206109_bab 1.pdf

Download (642kB)
[img] Text
20206109_bab 2.pdf

Download (628kB)
[img] Text
20206109_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
20206109_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
20206109_bab 5.pdf

Download (338kB)
[img] Text
20206109_daftar pustaka.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya media pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar khususnya materi bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu pada materi bangun ruang di MI Bustanul Mu’min. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu pada materi bangun ruangdi MI Bustanul Mu’min. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) yang menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini melibatkan 27 peserta didik dengan melakukan uji coba kelomok kecil sebanyak 10 peserta didik dan uji coba kelompok operasional berjumlah 27 peserta didik MI Bustanul Mu’min Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang. 2) Hasil dari ahli materi 1 dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 73 dengan presentase sebesar 97,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian hasil ahli materi 2 dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 69 dengan presentase sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli media 1 dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 71 dengan presentase sebesar 94,6% dengan kategori sangat Layak. Penilaian ahli media 2 dengan jumlah rata-rata skor yang diperoleh adalah 67dengan presentase sebesar 89,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 42,3 dengan persentase 84,6%, dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil rata-rata uji lapangan operasional sebesar 48,2 dengan persentase 96,4% dengan kategori “ Sangat Layak”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Augmented Reality telah memenuhi standar validitas dan layak diterapkan dalam pembelajaran materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI MUKAROMAH NUR ROBI`AH
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:48
Last Modified: 16 Aug 2024 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item