Implementasi Metode Learning By Doing Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MAN 9 Jombang

Hayati, Fani Nur (2024) Implementasi Metode Learning By Doing Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MAN 9 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201094_prabab.pdf

Download (518kB)
[img] Text
20201094_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
20201094_bab2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
20201094_bab3.pdf

Download (77kB)
[img] Text
20201094_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
20201094_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
20201094_bab6.pdf

Download (114kB)
[img] Text
20201094_daftarpustaka.pdf

Download (178kB)
[img] Text
20201094_sp.pdf

Download (56kB)

Abstract

Metode Learning by doing merupakan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada peran aktif siswa yang mana siswa mengalami sendiri terkait materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga peserta didik dapat melihat dan mempraktikkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Metode Learning by doing diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan baik dari cara berpikir, berkomunikasi, berkolaborasi bersama temannya serta terampil dalam mempraktikkan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Learning by doing pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 9 Jombang. 2) Untuk mengetahui keterampilan yang dimiliki peserta didik setelah diterapkannya metode Learning by doing pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 9 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, menggunakan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Kemudian pengecekan data dilakukan melalui dua triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode Learning by doing pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 9 Jombang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: a. Perencanaan, meliputi memahami capaian pembelajaran, merumuskan serta menyusun alur tujuan pembelajaran, merancang pembelajaran dan pembuatan modul ajar. b. Pelaksanaan, yang meliputi kegiatan pendahuluan (menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan garis besar terkait materi), kegiatan inti (penyampaian materi, menampilkan bahan observasi, diskusi, mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, praktik, tanya jawab), kegiatan penutup (pemberian kesimpulan, motivasi dan do’a). c. Evaluasi, dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. 2) Keterampilan yang dimiliki peserta didik setelah diterapkannya metode Learning by doing pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 9 Jombang cukup meningkat, hal tersebut dapat dilihat melalui hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru, penilaian tersebut didapatkan melalui asesmen yang digunakan yaitu asesmen formatif dan sumatif dengan menggunakan tiga teknik asesmen yaitu observasi pembelajaran, kinerja dan penugasan tulis maupun lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FANI NUR HAYATI
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:39
Last Modified: 16 Aug 2024 03:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item