Azizah, Putri Nuzul (2024) Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berbasis Quizizz Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300520_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932300520_bab1.pdf Download (255kB) |
|
Text
932300520_bab2.pdf Download (106kB) |
|
Text
932300520_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text
932300520_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932300520_bab5.pdf Download (139kB) |
|
Text
932300520_daftarpustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
932300520_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
932300520_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (120kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian bahwa kepada peserta didik minim informasi mengenai soal AKM numerasi dan guru mata pelajaran matematika dalam melakukan evaluasi pembelajaran masih minim yang memberikan soal-soal yang berkaitan dengan soal AKM Numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan soal setara AKM numerasi berbasis quizizz serta mendeskripsikan validitas isi dan reliabilitasnya untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini adalah jenis penelitian research and development (RnD). Uji coba produk dilakukan kepada ahli peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan soal tes AKM Numerasi. Analisis data menggunakan uji validasi (validasi tes dengan indeks aiken dan validasi media) dan uji reliabilitas dengan rasch model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pengembangan soal AKM Numerasi berbasisis quizizz menggunakan prosedur pengembangan Djemari Mardapi (2012) yaitu menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal tes, dan memperbaiki tes. 2) kelayakan soal AKM Numerasi menujukkan bahwa 25 butir soal tes rata-rata indeks aikenya terkategori valid dan kepraktisan media quizizz terkategori sangat praktis. Hasil analisis reliabilitas dengan rasch model berdasarkan nilai Alpha Cronbach, Person Reability dan Item Reliability instrument tes tersebut konsistensi jawaban siswanya rendah tetapi kualitas butir soal cukup. Analisis tingkat kesesuaian butir soal didapatkan bahwa semua butir soal tetap dipertahankan. Tingkat kesukaran butir soal diperoleh bahwa sebanyak 8 butir soal terkategori sangat mudah dan 17 soal lainnya terkategori sulit. Analisis tingkat abilitas individu menunjukkan bahwa dua siswa memiliki kemampuan tertinggi dan sedangkan satu siswa memiliki kemampuan rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010202 Biological Mathematics (Matematika Biologi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | PUTRI NUZUL AZIZAH |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14039 |
Actions (login required)
View Item |