Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Wudhu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 1 Di MI Miftahul Afkar Selotopeng

Khoiriyah, Ni'matul (2024) Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Wudhu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 1 Di MI Miftahul Afkar Selotopeng. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201082_prabab.pdf

Download (768kB)
[img] Text
20201082_bab1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
20201082_bab2.pdf

Download (319kB)
[img] Text
20201082_bab3.pdf

Download (236kB)
[img] Text
20201082_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
20201082_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
20201082_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
20201082_daftarpustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode yang melibatkan peserta didik untuk mempraktikkan materi yang telah diajarkan oleh pendidik. Dimana praktik tersebut bisa dilakukan oleh pendidik atau langsung peserta didik. Metode demonstrasi sangat tepat digunakan pada materi wudhu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan. Hal ini dikarenakan peserta didik langsung mendapat pengalaman nyata saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun fokus penelitian ini 1) Bagaimana implementasi Metode Demonstrasi pada materi wudhu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas 1 di MI Miftahul Afkar Selotopeng 2) Bagaimana kendala pendidik dalam mengimplementasikan Metode Demonstrasi pada materi wudhu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas 1 di MI Miftahul Afkar Selotopeng. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif Sedangkan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan dua sumber data yakni data primer dan data sekunder. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikut sertaan dan triangulasi. Model analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini 1) Perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan merencanakan modul ajar, metode, media dan bahan ajar yaitu buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Pelaksanaan metode demonstrasi terdapat beberapa tahapan yaitu kegiatan membuka pelajaran, penyampaian materi pelajaran, sesi tanya jawab, evaluasi, dan penutup pelajaran. Evaluasi materi wudhu dilaksanakan di akhir pembelajaran. 2) Kendala pendidik saat mengimplementasikan metode demonstrasi adalah peserta didik yang susah diatur. Dari yang tidak mau menulis, gaduh sendiri, dan sulit dinasehati oleh pendidik. Pendidik berusaha untuk mengurangi kendala tersebut dengan memahami karakter peserta didik masing-masing. Kemudian saat metode demonstrasi berlangsung, masih banyak peserta didik yang tidak kondusif, seperti gaduh sendiri dan lari-larian. Solusi dari pendidik yang diupayakan yaitu menasehati peserta didik dan meminta peserta didik untuk memperhatikan peserta didik yang lain sehingga mengetahui peserta didik mana yang masih salah dalam melakukan praktik wudhu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NI`MATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:13
Last Modified: 16 Aug 2024 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14011

Actions (login required)

View Item View Item