Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Efficacy Terhadap Burnout Akademik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Santri Ma'had Al-Azhar di MTsN 2 Kota Kediri

Alfafa, Jannaatin (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Efficacy Terhadap Burnout Akademik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Santri Ma'had Al-Azhar di MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201010_bab1.pdf

Download (596kB)
[img] Text
20201010_bab2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
20201010_bab3.pdf

Download (613kB)
[img] Text
20201010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
20201010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
20201010_bab6.pdf

Download (337kB)
[img] Text
20201010_daftar_pustaka.pdf

Download (444kB)
[img] Text
20201010_JANNAATIN ALFAFA_PAI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Burnout akademik merupakan fenomena yang banyak di alami oleh peserta didik. Burnout merupakan kondisi dimana individu merasa kelelahan secara fisik maupun emosional dalam hal akademik. Kelelahan disebabkan karena banyaknya tuntutan akademik yang wajib dikerjakan oleh peserta didik. Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, peserta didik diharuskan untuk banyak menghafal dalil Al-Qur’an dan Hadits beserta arti dan kandungannya serta beban belajar santri ma’had lebih berat daripada peserta didik regular yang tidak mengikuti program ma’had, selain itu MTsN 2 Kota Kediri merupakan madrasah yang unggul dalam bidang akademik. Berdasarkan beberapa penelitian yang ada, kecerdasan emosional dan self efficacy secara sendiri-sendiri dapat berpengaruh terhadap burnout akademik. Jika individu yang memiliki kecerdasan emosional dan self efficacy tinggi maka individu tersebut rendah berisiko mengalami burnout akademik. Oleh karena itu peneliti ingin mendalami terkait kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap burnout akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap burnout akademik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis santri ma’had. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survey. Teknik pengambilan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 santri ma’had di MTsN 2 Kota Kediri. Intrumen penelitian yang digunakan adalah 1) skala kecerdasan emosional berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Daniel Goleman, 2) skala self efficacy berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Bandura, 3) skala burnout akademik berdasarkan teori oleh Maslach. Teknik analisis dalam penelitian ini yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidaknya pengaruh menggunakan regresi sederhana dan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dengan burnout akademik dengan nilai signifikansi 0,228 < 0,05. Pada variabel self efficacy diketahui bahwa terdapat pengaruh terhadap burnout akademik dengan nilai signifikansi 0,02 > 0,05. Analisis secara bersama antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap burnout akademik terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi sejumlah 0,00 < 0,05 dengan pengaruh sebesar 29%, Pengaruh antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap burnout akademik yaitu ke arah negatif dengan nilai Y = 93,068 - 0,237 X1 - 0,591 X2. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh negatif, semakin tinggi kecerdasan emosional dan self efficacy maka burnout akademik yang dialami semakin rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jannatin Alfafa
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:28
Last Modified: 13 Aug 2024 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item