Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Kelas 4 Di SDN Purwotengah 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri

Anjani, Esa Amalia (2023) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Kelas 4 Di SDN Purwotengah 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932604719_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932604719_BAB1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932604719_BAB2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932604719_BAB3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932604719_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932604719_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
932604719_BAB6.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932604719_DAFTARPUSTAKA&SP.pdf

Download (328kB)

Abstract

Pergantian kurikulum dari kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka menuntut lembaga pendidikan untuk mampu melaksanakan Kurikulum Merdeka. Salah satu perubahan dalam Kurikulum Merdeka yaitu adanya mata pelajaran baru (gabungan IPA dan IPS) yang disingkat IPAS. Di SDN Purwotengah 2 pada pembelajaran IPAS hanya dilaksanakan di kelas 4. IPAS mengkaji materi kealaman dan sosial. Karena ini sesuatu yang baru maka menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis perencanan pembelajaran IPAS berbasis Kurikulum Merdeka di kelas 4 SDN Purwotengah 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri; 2) pelaksanaan pembelajaran IPAS berbasis Kurikulum Merdeka di kelas 4 SDN Purwotengah 2; dan 3) dan asesmen dalam pembelajaran IPAS berbasis Kurikulum Merdeka di kelas 4 SDN Purwotengah 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dekriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Purwotengah 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 4, dan siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data lalu melakukan penyajian data dengan tahap akhir penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk mendapatkan hasil yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) perencanaan dalam pembelajaran IPAS dilakukan dengan cara guru membuat perangkat pembelajaran yang sudah sesuai dengan kriteria Kurikulum Merdeka yang mencangkup analisis CP, pengembangantujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, mengembangkan materi, sumber belajar, penilaian kemudian dituangkan ke modul ajar yang berpedoman pada Kurikulum Merdeka; 2) pelaksanaan pembelajaran IPAS dikelas 4 dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. Kegiatan pembelajaran IPAS meliputi kegiatan awal, inti, penutup dan menunjukan pembelajaran berdiferensiasi; dan 3) asesmen diagnostik dilakukan pada awal masuk sekolah MPLS dan asesmennya diagnostik non-kognitif. Bentuk asesmen pada pembelajaran IPAS di kelas 4 dilaksanakan dengan asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif diberikan pada akhir pembelajaran, asesmen sumatif dilakukan saat penilaian harian, tengah semester, dan akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ESA A`MALIA ANJANI
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:18
Last Modified: 09 Aug 2024 07:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item