Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Quick Response (QR) Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di MI Miftahul Astar Dawung Kabupaten Kediri

Aisyah, Fisa (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Quick Response (QR) Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di MI Miftahul Astar Dawung Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206005_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206005_bab1.pdf

Download (705kB)
[img] Text
20206005_bab2.pdf

Download (940kB)
[img] Text
20206005_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
20206005_bab6.pdf

Download (468kB)
[img] Text
20206005_daftar_pustaka.pdf

Download (739kB)
[img] Text
932600520_Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf

Download (264kB)

Abstract

Fisa Aisyah: 20206005, Dosen Pembimbing I : Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I, Dosen Pembimbing II : Dr. Yulianti Yusal, M.Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Quick Response (QR) Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di Mi Miftahul Astar Dawung Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flipchart, QR code, Minat Belajar, Sistem Pencernaan Manusia. Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang terjadi di MI Miftahul Astar berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V yaitu kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan minimnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran flipchart berbasis QR code pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di MI Miftahul Astar Dawung Kabupaten Kediri. 2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran flipchart berbasis QR code pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di MI Miftahul Astar Dawung Kabupaten Kediri. 3) Mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran flipchart berbasis QR code pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di MI Miftahul Astar Dawung Kabupaten Kediri. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan jenis model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Media pembelajaran flipchart dikembangkan dengan menambahkan QR code sebagai ruang untuk menambahkan video pembelajaran pada halaman tertentu yang membutuhkan pendalaman materi lebih luas dan kuis sebagai alat untuk latihan dalam mereview materi. 2) Media pembelajaran flipchart berbasis QR code dinyatakan layak digunakan berdasarkan nilai aspek validitas (validity) sebesar 89,5% dan 98% dengan kriteria “sangat valid”, nilai aspek kepraktisan (practically) sebesar 83% dan 93% dengan kriteria “positif” dan “sangat positif, sedangkan nilai aspek efektivitas (effectiviness) sebesar 76% dengan kriteria “tinggi”. 3) Peningkatan minat belajar peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran flipchart menjadi lebih positif berdasarkan persentase rata-rata yang diperoleh dari empat indikator minat belajar sebesar 83% yang berada pada kriteria “positif”, sehingga penggunaan media pembelajaran flipchart berbasis QR code berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V di MI Miftahul Astar pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FISA AISYAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:18
Last Modified: 12 Aug 2024 06:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item