Naja, Muhammad Darun (2024) Implementasi Metode Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Hijrah Nabi Muhammad Ke Yatsrib Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Nabatul Ulum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104318_prabab.pdf Download (923kB) |
|
Text
932104318_bab1.pdf Download (196kB) |
|
Text
932104318_bab2.pdf Download (182kB) |
|
Text
932104318_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
932104318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text
932104318_bab5.pdf Download (53kB) |
|
Text
932104318_daftar_pustaka.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitain ini adalah siswa kelas IV-A MI Nabatul Ulum dengan jumlah 27 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Tujuan peneliti menerapkan teknik ini yaitu agar dapat mengetahui dan menghasilkan bukti tentang hasil belajar siswa kelas IV-A MI Nabatul Ulum yang mana terdapat peningkatan perubahan atau penurunan. Penelitian ini menujukkan hasil bahwa: 1) Implementasi metode pembelajaran Team Game Tournament (TGT) diterapkan pada siswa kelas IV-A untuk dapat memahami dan mencari permasalahan siswa dalam bentuk pretest dan post test. Metode ini menekankan pada kerjasama tim tanpa membedakan latar belakang dan tingkat pengetahuan. Metode ini berupa pertandingan antar kelompok untuk menyelesaikan tugasnya bersama anggota timnya. Impementasi metode ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti, tahap akhir. 2) Hasil belajar siswa menujukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV-A. Pada kegiatan pra siklus menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu sebesar 33,3%. Sehingga peneliti menggunakan metode Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kemudian pada siklus I memperoleh peningkatan ketuntasan belajar mencapai 48,2% dan pada siklus II ketuntasan belajar sebesar 81,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Team Game Tournament (TGT) mengalami peningkatan yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Depositing User: | MUHAMMAD DARUN NAJA |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13936 |
Actions (login required)
View Item |