Khoirunnisa, Devi (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMPN 2 Kandangan Pada Materi Pencemaran Tanah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20208003_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20208003_bab1.pdf Download (366kB) |
|
Text
20208003_bab2.pdf Download (564kB) |
|
Text
20208003_bab3.pdf Download (478kB) |
|
Text
20208003_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
Text
20208003_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text
20208003_bab6.pdf Download (206kB) |
|
Text
20208003_daftarpustaka.pdf Download (456kB) |
|
Text
20208003_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (186kB) |
Abstract
Masalah lingkungan yang muncul saat ini banyak disebabkan oleh aktivitas manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan. Hal itu disebabkan oleh kemampuan literasi lingkungan yang masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi lingkungan siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan siswa yang diajar menggunakan model ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kandangan. Sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, kedua kelas tersebut yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu, soal tes literasi lingkungan, angket literasi lingkungan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas kontrol sebesar 78,56, sedangkan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 83,71. Analisis statistik inferensial dilakukan dengan cara uji-t (uji independent sample T-Test). Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 artinya sig < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil perhitungan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Kandangan yang diajar menggunakan model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan siswa yang diajar menggunakan model ekspositori.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | DEVI KHOIRUNNISA |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13881 |
Actions (login required)
View Item |