Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing Kelas VIII A Di Mts Ma’arif Udanawu Blitar

Firdaus, Ilma Aliya Nur (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing Kelas VIII A Di Mts Ma’arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201217_prabab.pdf

Download (608kB)
[img] Text
20201217_bab1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
20201217_bab2.pdf

Download (181kB)
[img] Text
20201217_bab3.pdf

Download (205kB)
[img] Text
20201217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
20201217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
20201217_bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
20201217_daftarpustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan penerapan teknik role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII A di MTs Ma'arif Udanawu. Proses pembelajaran sebelumnya menggunakan metode lama dan mempengaruhi peningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Maarif Uddanawu dalam proses pembelajaran SKI dalam kaitannya dengan Ilmuwan Islam era Abbasiyah dengan metode role playing.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas berdasarkan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan. Peneliti bekerja sama dengan guru sejarah kebudayaan Islam, dan guru sejarah budaya Islam sebagai pengamat dalam penelitian ini. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober sampai dengan 4 November 2023 dan partisipan penelitian adalah siswa kelas 8 MTs Maarif Udanau sebanyak 37 orang (19 laki-laki dan 18 laki-laki). Alat pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) implementasi metode role playing siswa secara berkelompok mengidentifikasi gambar para ilmuwan muslim, kemudian mereka menulis data diri ilmuwan di balik foto, perwakilan kelompok mempresentasikan data diri ilmuwan dengan siswa tersebut menjadi ilmuwan itu. Awalnya siswa masih terlihat bingung dan belum paham mengenai metode role playing namun pada siklus II siswa mulai paham dengan metode role playing. Pemahaman siswa terlihat dari siswa dapat mendeskripsikan dengan baik serta adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh setelah diterapkannya metode role playing. 2) Hasil belajar siswa pada siklus I, ketuntasan siswa sebanyak sebesar 59,46%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 78,37%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ILMA ALIYA NUR FIRDAUS
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:32
Last Modified: 08 Aug 2024 03:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item