Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MtsN 2 Kota Kediri

Putra, Fais Awanda (2024) Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MtsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205087-prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205087_ bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205087_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205087_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20205087_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20205087_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205087_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205087_daftar_pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205087_suratpernyataan.pdf

Download (121kB)

Abstract

Manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, sangat berpengaruh besar tindakan kepala sekolah sebagai manajer dapat membantu meningkatkan kinerja guru dalam mewujudkan perubahan kemampuan guru. Kinerja sangat berpengaruh pada peserta didik dan madrasah karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang muaranya akan memberikan output yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Kediri (2) untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Kediri (3) untuk mengetahui hambatan dan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui observasi,wawancara dan pengumpulan dokumen. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diverifikasi kebenarannya melalui pelaksanaan pengawasan secara berkesinambungan, dan pendekatan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Kediri melalui 4 tahapan yaitu perencanaan (planning). Dalam perencanaan awal manajemen kepemimpinan kepala madrasah menentukan tujuan dan menyusun program yang akan dilaksanakan dalam meningkatkan kinerja guru. Kedua Pengorganisasian (organizing), kepala madrasah membagi tugas dan kewajiban sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ketiga pelaksanaan (actuating) kepala madrasah mengadakan rapat bulanan dan tahunan, mengikutkan guru pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengadakan pelatihan dan workshop, mengadakan supervisi kunjungan kelas. Keempat pengawasan (controlling) kepala madrasah melakukan pengawasan secara langsung dan pengawasan secara tidak langsung. (2) Upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Kediri diantaranya: mengadakan rapat bulanan dan tahunan, mengadakan MGMP, melakukan pelatihan guru atau PKB, supervisi, Memberikan reward dan punishment. (3) Hambatan manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Kediri ada beberapa hambatan yang ditemui kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) seperti metode guru saat mengajar dan kedisiplinan guru saat masuk dan keluar kelas. Solusi terhadap hambatan-hambatan tersebut diantaranya: mengadakan pelatihan dan supervisi. Kata kunci: Manajemen, Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FAIS AWANDA PUTRA
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:41
Last Modified: 05 Aug 2024 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item