nuhaa, said ulin (2024) Implementasi Projek Penguatan Profiil Pelajar Pancasila Dalam Menanamkan Karkater Di SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201138_prabab.pdf Download (903kB) |
|
Text
20201139_Bab1.pdf Download (736kB) |
|
Text
20201138_bab2.pdf Download (944kB) |
|
Text
20201138_bab3.pdf Download (788kB) |
|
Text
20201138_bab3.pdf Download (788kB) |
|
Text
20201138_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201138_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
Text
20201138_bab6,.pdf Download (14kB) |
|
Text
20201138_daftar pustaka.pdf Download (147kB) |
|
Text
20201138_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
20201138_pernyataan uploud karya ilmiah.pdf Download (323kB) |
Abstract
Projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan salah satu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis projek kali ini berbeda dengan pembelajaran berbasis projek pada biasanya, penguatan dimensi profil pelajar pancasila yang menjadi tujuan utamanya. Mengambil peran untuk ikut serta melaksanakannya bukan hal mudah pun bukan berarti tak bisa dilakukan. Sesuai dengan hasil wawancara dan observasi penulis dengan guru kelas SDN Sukorame 2 kediri, penulis menemukan fenomena terkait pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan di setiap hari Jumat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Menanamkan Karakter Di SDN Sukorame 2 Kota Kediri, (2) untuk mengetahui pelaksanaan projek penguatan profil profil pelajar pancasila dalam menanamkan karakter di SDN Sukorame 2 kota Kediri, (3) asessemen projek penguatan profil profil pelajar pancasila dalam menanamkan karakter di SDN Sukorame 2 kota Kediri. Penelitian ini kualitatif dengan jenis deskriftif. teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan model interaktif penelitian dari Miles dan Hubarman yakni berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN Sukorame 2 Kediri melalui beberapa langkah yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek. 2) pelaksanaan projek penguata profil pelajar pancasila di SDN Sukorame 2 kediri yakni dilaksanakan di kelas 1A dan 4A berdasarkan hasil temuan dan pembahasan ternyata sintaks yang dilakukan yaitu persiapan sumber belajar, membentuk kelompok, pengenalan atau penjelasan projek, mengerjakan projek, membuat laporan hasil projek Adapun penenaman karkater yaitu melalui kegiatan projek dengan topik pembuatan air mancur dari botol bekas dan batik teknik cap yang menuntut siswa untuk menggali permasalahan dan juga berfikir kritis serta kreatif dalam membuat karya. 3) Asessemen projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN Sukorame 2 Kediri yaitu memberikan penilaian selama kegiatan projek dan juga ketika pembelajara berupa asesemen formatif dan sumatif, hasil dari asesemen menunjukan adanya peruabahan karakter pada peserta didik dengan adanya kegiatan projek
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | said ulin nuhaa |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:48 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13810 |
Actions (login required)
View Item |