Rozaqiy, Rohmat Robi' (2024) Implementasi Asesmen Formatif dan Sumatif Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201105_prabab.pdf Download (4MB) |
|
Text
20201105_bab1.pdf Download (451kB) |
|
Text
20201105_bab2.pdf Download (480kB) |
|
Text
20201105_bab3.pdf Download (390kB) |
|
Text
20201105_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201105_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
20201105_bab6.pdf Download (346kB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi, Asesmen Formatif Sumatif, Pembelajaran PAI Asesmen adalah upaya atau proses sistematik untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja peserta didik dibandingkan dengan tujuan atau capaian pembelajaran tertentu. Tujuan penelitian ini adalah, antara lain 1) Mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. 2) Mengetahui implementasi asesmen formatif pada pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kediri. 3) Mengetahui implementasi asesmen sumatif pada pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu di SMA Negeri 1 Kediri yang terletak di Jalan Veteran No. 1 Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung kepada guru PAI di SMAN 1 Kediri, Waka Kurikulum dan beberapa siswa di SMAN 1 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI yaitu terdiri dari diferensiasi konten yang berupa materi visual untuk peserta didik dengan gaya belajar visual dan materi dengan ceramah untuk peserta didik auditori, proses yang berupa instruksi tugas yang berbeda sesuai kemampuan, produk yang berupa poster,poster,dll dan lingkungan belajar yang variatif, seperti di masjid atau halaman. 2) Implementasi asesmen formatif dilakukan dengan tiga tahapan yakni, perencanaan yang berupa membuat rencana asesmen dan instrumen, pelaksanaan yang berbentuk tes lisan dan observasi dan tindak lanjut dengan memberikan materi pengayaan dan remidial. 3) Asesmen Sumatif diimplementasikan melalui empat tahapan yaitu, perencanaan dengan membuat rencana asesmen, pelaksanaan yang berbentuk tes tulis dan tes lisan , pengolahan hasil dilakukan merekap nilai hasil sumatif lingkup materi dan sumatif semester dan pelaporan hasil belajar yang berupa nilai rapot.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ROHMAT ROBI` ROZAQIY |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13708 |
Actions (login required)
View Item |