Pengembangan Komik Fotosintesis Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 SDN Rembangkepuh

Rahayu, Intan Putri (2024) Pengembangan Komik Fotosintesis Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 SDN Rembangkepuh. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206015_prabab.pdf

Download (762kB)
[img] Text
20206015_bab1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
20206015_bab2.pdf

Download (518kB)
[img] Text
20206015_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
20206015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206015_bab5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
20206015_bab6.pdf

Download (116kB)
[img] Text
20206015_daftarpustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

RAHAYU INTAN PUTRI. Dosen pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M. Pd. dan Azizah Anggi Maiyanti, S. Si, M. Pd. Pengembagan Media Komik Fotosintesis Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Rembangkepuh. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Ialam Nederi Kediri. 2024. Kata Kunci: Media pembelajaran, Komik, Literasi membaca Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memerlukan inovasi dalam media pembelajaran untuk memudahkan siswa belajar. Namun, dengan adanya tingkat literasi di Indonesia yang menurun, sehingga menjadikannya lebih rendah dibanding negara lain. Untuk meningkatkan literasi, diperlukan inovasi dalam bahan bacaan, seperti media komik dengan alur yang menarik dan gambar yang berwarna dan lebih hidup, sehingga dapat meningkatkan minat baca anak-anak serta hasil belajar mereka. Penelitian ini mengembangkan media komik untuk pembelajaran fotosintesis di kelas 4 SDN Rembangkepuh, menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket penilaian ahli, serta pretest dan posttest. Penelitian ini melibatkan 5 siswa untuk uji coba skala kecil dan 20 siswa untuk skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik yang dikembangkan sangat valid dengan nilai kevalidan 88% dari ahli media, 88% dari ahli materi, dan 95% dari ahli pembelajaran. Rata-rata peningkatan hasil literasi siswa sebesar 76% dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest. Kesimpulannya, media komik ini efektif meningkatkan literasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rembangkepuh.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0607 Plant Biology > 060702 Plant Cell and Molecular Biology
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: INTAN PUTRI RAHAYU
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:24
Last Modified: 05 Aug 2024 02:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item