DAROJAH, LAILATUL ROHMAH IRFA’UD (2024) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di MTsN 3 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205048_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205048_bab1.pdf Download (370kB) |
|
Text
20205048_bab2.pdf Download (555kB) |
|
Text
20205048_bab3.pdf Download (771kB) |
|
Text
20205048_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
|
Text
20205048_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
20205048_bab6.pdf Download (220kB) |
|
Text
20205048_daftarpustaka.pdf Download (461kB) |
|
Text
20205048_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
20205048_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (188kB) |
Abstract
LAILATUL ROHMAH IRFA’UD DAROJAH, Dosen Pembimbing MOH. ZAINAL FANANI, M.Pd.I dan NILA LUKMATUS SYAHIDAH, M.Pd.I, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di MTsN 3 Mojokerto. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru Lembaga pendidikan yang memiliki kinerja baik perlu memenuhi tiga komponen pokok. Pertama kepemimpinan kepala sekolah dengan segala keunggulan pola pikir, sikap, gaya, dan perilakunya. Kedua, kedisiplinan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Ketiga, budaya organisasi yang merupakan nilai-nilai dan keyakinan yang dianut dan menjadi pedoman, disepakati serta dilaksanakan bersama semua anggota organisasi. Tujuan penelitian ini 1) untuk menguji seberapa besar pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, 2) untuk menguji seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, 3) untuk menguji seberapa besar pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Jenis penilitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPPS 21. Lokasi penelitian ini di MTsN 3 Mojokerto dengan sampel 40 guru PNS. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 dan nilai Thitung 3,535 > Ttabel 2,026 dan nilai R square sebesar 24,7% 2) budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 dan nilai Thitung 3,708 > 2,206 dan nilai R square sebesar 26,6%, 3) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru berpengaruh secara signifikan dan simultan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 14,476 > Ftabel 3,24. Kemudian besarnya nilai R square menunjukkan nilai sebesar 0,439 menunjukkan keeratan variabel kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 43,9% sedangkan sisanya 56,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru secara signifikan, budaya organisasi mempengaruhi kinerja guru secara signifikan, dan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi mempengaruhi kinerja guru secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAILATUL ROHMAH IRFA`UD DAROJAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:40 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13646 |
Actions (login required)
View Item |