Choirurohmah, Binti (2024) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih Kelas Xi Di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113520_PRABAB-1.pdf Download (822kB) |
|
Text
932113520_BAB 1.pdf Download (323kB) |
|
Text
932113520_BAB 2.pdf Download (265kB) |
|
Text
932113520_BAB 3.pdf Download (347kB) |
|
Text
932113520_ BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
932113520_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
932113520_BAB 6.pdf Download (65kB) |
|
Text
932113520_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text
932113520_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201135_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (115kB) |
Abstract
Guru kreatif adalah seorang guru yang dapat menciptakan metode baruuntuk mengajar, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasipeserta didik mereka. Dalam pembelajaran kreatif, guru dapat menggunakan ide�ide kreatif, menerapkan metode pembelajaran yang mendorong ide dan karyakreatif, menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran, seperti gaya mengajar,pola interaksi, dan variasi pesan, dan menilai secara langsung. Pembelajaran fikihadalah proses yang terarah, dan direncanakan mengenai hukum Islam yangberkaitan dengan perbuatan mukallaf, baik dalam hal ibadah maupun muamalah,dengan tujuan mengajarkan siswa untuk mengetahui, memahami, danmelaksanakan ibadah sehari-hari.Pembelajaran fikih tidak hanya terdiri dari prosesinteraksi antara guru dan peserta didik di ruang kelas, tetapi juga melalui berbagaiinteraksi, baik di ruang kelas maupun di tempat praktik ibadah dilakukan. Dariuraian tersebut dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimanametode dan kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih diMAN 3 Nganjuk ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam kreativitasguru di MAN 3 Nganjuk ?Untuk metode penelitian penulis menggunakan (1) pendekatan dan jenispendekatan (2) kehadiran peneliti (3) lokasi penelitian (4) sumber data (5) teknikpengumpulan data (6) pengecekan keabsahan data (7) teknik analisis data (8)tahap-tahap penelitian.Hasil penelitian : (1) Metode dan kreativitas guru dalam meningkatkankualitas pembelajaran fikih di MAN 3 Nganjuk adalah sebagai berikut : a)merangcang dan menyiapkan bahan ajar, b) pengelolaan kelas, c) pemanfaatanwaktu, d) penggunaan metode pembelajaran, e) penggunaan media pembelajaran.(2) Faktor pendukung dan penghambat dalam kreativitas guru di MAN 3 Nganjukadalah sebgai berikut : a) faktor pendukung meliputi: peran guru fikih, sarana daprasarana, peranan orang tua, b) faktor penghambat meliputi : ketidak sesuaiankurikulum, lingkungan belajar yang kurang kondusif, keterbatasan sumber daya,kurangnya penggunaan teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | BINTI CHOIRUROHMAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13630 |
Actions (login required)
View Item |