Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih Kelas Xi Di MAN 3 Nganjuk

Choirurohmah, Binti (2024) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih Kelas Xi Di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113520_PRABAB-1.pdf

Download (822kB)
[img] Text
932113520_BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932113520_BAB 2.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932113520_BAB 3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932113520_ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
932113520_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932113520_BAB 6.pdf

Download (65kB)
[img] Text
932113520_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932113520_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20201135_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

Guru kreatif adalah seorang guru yang dapat menciptakan metode baruuntuk mengajar, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasipeserta didik mereka. Dalam pembelajaran kreatif, guru dapat menggunakan ide�ide kreatif, menerapkan metode pembelajaran yang mendorong ide dan karyakreatif, menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran, seperti gaya mengajar,pola interaksi, dan variasi pesan, dan menilai secara langsung. Pembelajaran fikihadalah proses yang terarah, dan direncanakan mengenai hukum Islam yangberkaitan dengan perbuatan mukallaf, baik dalam hal ibadah maupun muamalah,dengan tujuan mengajarkan siswa untuk mengetahui, memahami, danmelaksanakan ibadah sehari-hari.Pembelajaran fikih tidak hanya terdiri dari prosesinteraksi antara guru dan peserta didik di ruang kelas, tetapi juga melalui berbagaiinteraksi, baik di ruang kelas maupun di tempat praktik ibadah dilakukan. Dariuraian tersebut dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimanametode dan kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih diMAN 3 Nganjuk ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam kreativitasguru di MAN 3 Nganjuk ?Untuk metode penelitian penulis menggunakan (1) pendekatan dan jenispendekatan (2) kehadiran peneliti (3) lokasi penelitian (4) sumber data (5) teknikpengumpulan data (6) pengecekan keabsahan data (7) teknik analisis data (8)tahap-tahap penelitian.Hasil penelitian : (1) Metode dan kreativitas guru dalam meningkatkankualitas pembelajaran fikih di MAN 3 Nganjuk adalah sebagai berikut : a)merangcang dan menyiapkan bahan ajar, b) pengelolaan kelas, c) pemanfaatanwaktu, d) penggunaan metode pembelajaran, e) penggunaan media pembelajaran.(2) Faktor pendukung dan penghambat dalam kreativitas guru di MAN 3 Nganjukadalah sebgai berikut : a) faktor pendukung meliputi: peran guru fikih, sarana daprasarana, peranan orang tua, b) faktor penghambat meliputi : ketidak sesuaiankurikulum, lingkungan belajar yang kurang kondusif, keterbatasan sumber daya,kurangnya penggunaan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: BINTI CHOIRUROHMAH
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:58
Last Modified: 01 Aug 2024 06:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item View Item