Implementasi Metode Syawir Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Diniyah Wustho Pondok Pesantren Ulul Albab Manisrenggo Kota Kediri

Maulana, Bryan Azzam (2024) Implementasi Metode Syawir Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Diniyah Wustho Pondok Pesantren Ulul Albab Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109120_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109120_bab1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932109120_bab2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932109120_bab3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932109120_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
932109120_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
932109120_bab6.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932109120_daftar_pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932109120_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (138kB)

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis islami memberikan pembelajaran religius berbasis ilmu fikih yang mengedepankan pemahaman hukum islam, maka perlunya metode syawir dalam pembelajaran fikih untuk membantu santri dalam memahami problematika fikih dan menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah, metode syawir juga bisa disebut metode diskusi yang melibatkan dua orang atau lebih dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan sebuah masalah tertentu. Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui pendidikan di Pondok Pesantren Ulul Albab Manisrenggo Kota Kediri, 2) untuk mengetahui pelaksanaan metode syawir dalam pembelajaran fikih yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Wustho Pondok Pesantren Ulul Albab, 3) untuk mengetahui apa urgensi dan manfaat implementasi metode syawir dalam pembelajaran fikh di Madrasah Diniyah Wustho Pondok Pesantren Ulul Albab putra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, pendidikan di Pondok Pesantren Ulul Albab memiliki dua sistem pembelajaran yakni sistem tahfidzul Quran dan pembelajaran kitab kuning dengan kelas Madrasah Diniyah Ula, Wustho 1 dan Wustho 2. Kedua, pembelajaran fikih yang menggunakan metode syawir sesuai dengan arah dan tujuan pembelajaran Madrasah Diniyah Wustho Pondok Pesantren Ulul Albab yang diterapkan secara terstruktur dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga, pembelajaran yang menggunakan metode syawir mampu memberikan dampak positif terhadap santri yang belajar fikih di Madrasah Diniyah Wustho Pondok Pesantren Ulul Albab diantaranya mampu menambah keaktifan santri dalam pembelajaran, berifikir kritis, kreatif, percaya diri, toleransi, dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: BRYAN AZZAM MAULANA
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:13
Last Modified: 01 Aug 2024 03:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item