Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada Base Farm Kwt Bangun Sejahtera Burengan Kota Kediri)

Ardianti, Mega Putri (2024) Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Perspektif Manajemen Syariah (Studi Pada Base Farm Kwt Bangun Sejahtera Burengan Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931313218_prabab.pdf

Download (468kB)
[img] Text
931313218_bab1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
931313218_bab2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
931313218_bab3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
931313218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
931313218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
931313218_bab6.pdf

Download (372kB)
[img] Text
931313218_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar_pernyataan_Mega_Putri_Ardianti_cetak[1].pdf

Download (211kB)

Abstract

Kegiatan pariwisata yang berada di wilayah Indonesia telah bertumbuh dan berkembang dengan pesat, bahkan berlibur sendiri sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari maka dari itu memerlukan healing. Wisata edukasi atau educational tourism adalah suatu program dimana wisatawan berkunjung ke suatu lokasi wisata dengan tujuan utama untuk memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung di objek wisata tersebut. Sadar wisata merupakan suatu kesadaran masyarakat yang berperan mengelola wisata. Sadar wisata dapat dilihat dari tiga hal, yaitu paham dan sadar sebagai tuan rumah, paham dan sadar akan hak menjadi pelaku wisata dan paham dan sadar akan menjaga kebersihan dan keamanan daerah wisata. Sapta pesona adalah keadaan yang harus dilakukan dalam rangka mempromosikan minat wisatawan agar berkunjung ke wisata yang akan dikunjungi, sapta pesona memiliki lima aspek penting untuk mewujudkan daya tarik wisata yang berkesan yaitu aman, tertib, bersih, indah dan kenangan.. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis mengenai fakta, sifat serta hubungan antar fenomena pengembangan wisata edukasi di Base Farm KWT Bangun Sejahtera Burengan Kediri yang berlokasi di Gg Masjid Al-Ichsan RT 01/ RW 12, Burengan Kec. Pesantren Kota Kediri. Adapun dalam pengambilan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan wisata edukasi Base Farm Bangun Sejahtera Burengan : (1) pengembangan masyarakat akan sadarnya wisata, (2) menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam penyediaan paket wisata dan fasilitas pendukung, 3) mengembangkan aksebilitas yang menjadi acuan agar wisatawan mau berkunjung, (4) menciptakan branding berupa pembuatan logo/simbol serta produk-produk khas wisata edukasi yang memiliki nilai jual, (5) pemasaran online melalui instagram dan youtube serta pemasaran offline melalui stasiun TV nasional, dan aktif di pameran tingkat kota, nasional, dan internasional. (6) straregi yang digunakan wisata edukasi Base Farm KWT Bangun Sejahtera Burengan dalam hal mempromosikan wisata seperti pemasangan petunjuk arah sepanjang jalan menuju arah wisata. Selain itu juga memperkenalkan wisata dengan melalui sosial media, secara keseluruhan bentuk promosi kedua wisata tersebut mengutamakan niat ikhlas untuk berbuat baik kepada orang banyak khususnya pengunjung serta bersungguh-sungguh dalam mencapai perencanaan yang bersifat manajemen syariah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MEGA PUTRI ARDIANTI
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:31
Last Modified: 01 Aug 2024 04:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item