MARBIYANTI, RENI (2024) Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay Sebagai Alat Transaksi Digital (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2022 Iain Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934128819_prabab.pdf Download (901kB) |
|
Text
934128819_bab1.pdf Download (484kB) |
|
Text
934128819_bab2.pdf Download (127kB) |
|
Text
934128819_bab3.pdf Download (279kB) |
|
Text
934128819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text
934128819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text
934128819_bab6.pdf Download (173kB) |
|
Text
934128819_daftarpustaka.pdf Download (184kB) |
|
Text
934128819_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
Text
934128819_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (196kB) |
Abstract
RENI MARBIYANTI, Dosen Pembimbing ACHMAD MUNIF, SE, MM dan ADIN FADILAH, M.E.Sy. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay Sebagai Alat Transaksi Digital (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2022 IAIN Kediri). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2024. Kata Kunci: Gaya Hidup, Persepsi, Keputusan Penggunaan, E-Wallet Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemajuan teknologi terutama dalam penggunaan digital dalam perekonomian. Salah satunya yakni penggunaan digital dalam proses transaksi pembayaran secara elektronik dengan konsep perkembangan yaitu cashless society. Dan yang paling banyak diminati oleh masyarakat yakni pembayaran berbasis server yaitu jenis e-wallet ShopeePay. Dalam penggunaan alat transaksi digital terjadinya proses berbagai informasi dan alternatif terbentuk dalam sebuah keputusan yang dilakukan oleh masyarakat. Keputusan penggunaan tersebut telah melewati serangkaian pertimbangan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang memengaruhinya seperti faktor pribadi yaitu gaya hidup dan faktor psikologis yaitu persepsi konsumen. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 462 mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2019-2022 yang menggunakan ShopeePay dan pengambilan sampel menggunakan purposive sample, melalui perhitungan rumus slovin jumlah sampel diperoleh 215. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh gaya hidup secara parsial terhadap keputusan penggunaan e-wallet ShopeePay pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2022 IAIN Kediri yaitu nilai t hitung 3,311 > t tabel 1,971 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,607. Dan secara parsial juga ada pengaruh persepsi terhadap keputusan penggunaan e-wallet ShopeePay pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2022 IAIN Kediri yaitu nilai t hitung 9,098 > t tabel 1,971 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,723. Serta secara stimultan terdapat pengaruh gaya hidup dan persepsi terhadap keputusan pengguaan e-wallet ShopeePay pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2022 IAIN Kediri dengan nilai F hitung 127,352 > F tabel 3,04. Nilai koefisien determinasi memiliki signifikan sebesar 54,6%, sedangkan sisanya yaitu 45,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Reni Marbiyanti |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:21 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 08:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13567 |
Actions (login required)
View Item |