Pengembangan Instrumen Tes Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berbasis Wordwall Pada Siswa Kelas VIII SMP/MTs

PUTRI, SHAFA ALFIRANTI ALIFIA (2024) Pengembangan Instrumen Tes Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berbasis Wordwall Pada Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204038_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20204038_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
20204038_bab2.pdf

Download (858kB)
[img] Text
20204038_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
20204038_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
20204038_bab5.pdf

Download (326kB)
[img] Text
20204038_daftarpustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
20204038_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
20204038_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (198kB)

Abstract

SHAFA ALFIRANTI ALIFIA PUTRI, Dosen Pembimbing Dr. Ninik Zuroidah, M.Si dan Dwi Shinta Rahayu, M.Pd, Pengembangan Instrumen Tes Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berbasis Wordwall pada Siswa Kelas VIII SMP/MTs, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen Tes, AKM, AKM Numerasi, Media Wordwall Minimnya siswa dalam latihan soal tentang soal-soal yang setara dengan AKM numerasi membuat siswa menjadi tidak terbiasa dengan soal-soal tersebut. Banyak siswa yang bosan dan tidak semangat dalam mengerjakan latihan soal terutama pada mata pelajaran matematika. Maka perlu adanya pengembangan instrumen tes AKM numerasi yang berbasis wordwall yang membuat siswa menjadi lebih bersemangat dan tertarik dalam mengerjakan latihan soal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan instrumen tes AKM numerasi berbasis wordwall pada siswa kelas VIII MTs Umar Zahid Semelo. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Namun dengan keterbatasan waktu, penelitian ini hanya sampai pada tahap kedelapan saja. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 ahli asesmen, 2 ahli media, 2 ahli angket respon siswa, dan peserta didik kelas VIII MTs Umar Zahid Semelo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan instrumen tes AKM numerasi berbasis wordwall melalui 8 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Hasil pengembangan instrumen tes AKM numerasi berbasis wordwall diperoleh dari uji kevalidan dari hasil uji validasi ahli asesmen dan ahli media. Hasil validasi asesmen 1 dan 2 mendapatkan skor total yaitu 0,7 4 dengan kategori valid. Sedangkan dari kedua ahli media mendapatkan skor total yaitu 0,77 dengan kategori valid. Selanjutnya untuk ahli angket respon siswa mendapatkan skor total 0,83 dengan kategori sangat valid digunakan. 2) Kepraktisan instrumen tes AKM numerasi berbasis wordwall diperoleh dari hasil angket respon siswa yang dilakukan 2 kali yaitu pada uji coba produk dan uji coba pemakaian. Pada uji coba produk didapatkan nilai rata-rata angket 91% dengan kategori sangat praktis digunakan dan uji coba pemakaian didapatkan nilai rata-rata angket 89% dengan kategori sangat praktis digunakan. Dari kedua uji coba tersebut menunjukkan bahwa media sangat praktis digunakan untuk instrumen tes. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes AKM numerasi berbasis wordwall valid dan sangat praktis digunakan untuk peserta didik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010202 Biological Mathematics (Matematika Biologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: SHAFA ALFIRANTI ALIFIA PUTRI
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:58
Last Modified: 31 Jul 2024 07:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item