Analisis Strategi Pemasaran Melalui Inovasi Produk Dalam Pengembangan UMKM Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Produk Cokelat Ibuke Di CV. Frenzy Kediri)

Nurafifah, Siti (2024) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Inovasi Produk Dalam Pengembangan UMKM Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Produk Cokelat Ibuke Di CV. Frenzy Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931340115_Bab1.pdf

Download (713kB)
[img] Text
931340115_PraBab.pdf

Download (892kB)
[img] Text
931340115_Bab2.pdf

Download (862kB)
[img] Text
931340115_Bab3.pdf

Download (505kB)
[img] Text
931340115_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
931340115_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
931340115_Bab6.pdf

Download (370kB)
[img] Text
931340115_DaftarPustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (124kB)

Abstract

SITI NURAFIFAH, Dosen Pembimbing: SRI ANUGRAH NATALINA dan ALI SAMSURI.: Analisis Strategi Pemasaran Melalui Inovasi Produk Dalam Pengembangan UMKM Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Produk Cokelat Ibuke di CV. Frenzy Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Inovasi Produk, Pengembangan UMKM, Syariah Marketing. Di indonesia, khususnya di Kediri banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang mulai berkembang. Salah satunya adalah CV Frenzy dengan salah satu produk unggulannya adalah cokelat bar dengan merek dagang Cokelat Ibuke. Perkembangan CV Frenzy ini tidak lepas dari usaha untuk terus melakukan inovasi produk pada Cokelat Ibuke. Inovasi produk merupakan salah satu strategi pemasaran yakni produk baru yang merupakan implementasi dari ide kreatif dengan tujuan menambah nilai guna suatu produk terdahulu demi memberikan kepuasan kepada konsumen. Sedangkan strategi pemasaran, suatu rencana mendasar yang dibuat sedemikian rupa guna mencapai tujuan pemasaran. Walau demikian dalam berinovasi produk, CV Frenzy mengaku bahwa mereka juga berusaha menjalin hubungan baik dengan pesaing ataupun rekan bisnis lainnya. Yang mana sikap tersebut mencerminkan salah satu nilai syariah marketing yakni akhlaqiyah. Dari pernyataan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Melalui Inovasi Produk Dalam Pengembangan UMKM Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Produk Cokelat Ibuke di CV. Frenzy Kediri)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana praktik inovasi produk CV Frenzy pada Cokelat Ibuke ditinjau dari syariah marketing. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kualitatif dengan penyajian data deskriptif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan peneliti melakukan analisis data Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan inovasi produk pada Cokelat Ibuke, CV Frenzy bisa berkembang. Dari segi omset yang dan produksi yang pasti dan bertambah, pemasaran meluas, memiliki karyawan, dan diterima masyarakat. Selain itu praktik inovasi produk yang dilakukan juga mengandung nilai – nilai syariah marketing, yaitu: a. Teistis (Rabbaniyah). Produsen Cokelat Ibuke selalu menghadirkan Allah dalam setiap tindakannya. Memiliki rasa tanggung jawab atas kepuasan pelanggan dengan inovasi produk. b. Etis (Akhlaqiyyah). Dalam berinovasi produk selalu berhati – hati agar tidak merugikan pihak lain dan tidak menjelekan produk lain sejenis. c. Realisitis (al-waqi’iyyah). Dalam berinovasi Bu Yuyun selalu mengambil ide dari lingkungan sekitar, issue, atau trend yang ada. Dengan demikian tidak sedikit pula produsen sejenis mendapatkan inspirasi ide berdasarkan hal yang sama. e. Humanistis (Insaniyyah). Dengan menajaga etika dalam berbisnis dan tidak berlebihan dan selalu jujur kepada pelanggan selalu diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nurafifah
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:19
Last Modified: 31 Jul 2024 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item View Item