MUAMAMAH, IMRORUL (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS XI SISWA MA AL-HIKMAH LANGKAPAN BLITAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109214_PRA BAB.pdf Download (296kB) |
|
Text
932109214_BAB I.pdf Download (293kB) |
|
Text
932109214_BAB II.pdf Download (170kB) |
|
Text
932109214_BAB III.pdf Download (284kB) |
|
Text
932109214_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
932109214_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
932109214_BAB VI.pdf Download (8kB) |
|
Text
932109214_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
Abstract
Kata Kunci: Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar di sekolah MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. 2) Bagaimana Hasil Belajar Akidah Akhlak siswa kelas XI di sekolah MA AlHikmah Langkpan Blitar. 3) Adanya korelasi persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhdap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI MA Al-Hikmah langkapan Blitar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis product moment, uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilkukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitsas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang Fasilitas Belajar berada pada kategori sedang dengan nilai mean 33.22. 2) hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan 72,88. 3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar akidah akhlak siswa yaitu sebesar 0,139 atau 13,90%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi korelasi fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa Y = 52,345 + 0,618X. Sehingga dapat diartikan konstanta sebesar 52,345 artinya jika fasilitas belajar nilainya adalah 0, maka hasil belajar siswa (Y) nilainya positif ayitu sebesar 52,345. Koefisien regresi variabel fasilitas bealajar (X) sebesar 0,618 artinya jika persepsi siswa tentang fasilitas bealajar ditingkatkan 1% maka hasil belajar siswa (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,618%. Koefisien bernilai posiitif yang artinya terjadi hubungan positif persepsi siswa tentang fasiliatas belajar dengan hasil belajar siswa, semakin bagus fasilitas belajar maka semakin meningkat hasil belajar siswa. Secara simultan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari Ftabel = 4.10 (<Fhitung = 6.147). (Ftabel:0,05;1;38 sebesar 4.10) dengan tingkat signifikan 0,018 (<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) hipotesis yang berbunyi” Ada korelasi antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa MA Al-Hikmah Langkapan Blitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 03:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 03:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1353 |
Actions (login required)
View Item |