Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 16 Jombang

Syafitri, Zulya Nanda (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 16 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103417_prabab.pdf

Download (819kB)
[img] Text
932103417_bab1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
932103417_bab2.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932103417_bab3.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932103417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
932103417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
932103417_bab6.pdf

Download (32kB)
[img] Text
932103417_daftarpustaka.pdf

Download (145kB)

Abstract

Zulya Nanda Syafitri. Dosen Pembimbing Bapak Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Ibu Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 16 Jombang. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2024 Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kemandirian Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial teman sebaya dengan kemandirian belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 16 Jombang. Studi dilakukan dengan melibatkan 129 remaja kelas VII sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional, dukungan sosial teman sebaya, dan kemandirian belajar serta hubungan ketiganya. Hasil analisis uji-t regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara kecerdasan emosional (X1) dan kemandirian belajar (Y), serta antara dukungan sosial teman sebaya (X2) dan kemandirian belajar (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0.032 < 0.05 dan 0.042 < 0.05 secara berturut-turut. Sedangkan, hasil uji simultan menggunakan analisis regresi linier berganda pada tabel output “ANOVA” menunjukkan bahwa terdapat hubungan simultan antara kecerdasan emosional (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) terhadap kemandirian belajar (Y), dengan nilai F hitung > F tabel (5.528 > 3.07) dan nilai signifikansi 0.005 < 0.05. Dengan demikian, disimpulkan bahwa (H1) diterima, yang berarti terdapat hubungan simultan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 16 Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZULYA NANDA SYAFITRI
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:23
Last Modified: 31 Jul 2024 07:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item View Item