Efektivitas Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Board Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Peluang

Mucharofah, Safinatun (2024) Efektivitas Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Board Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204008_prabab.pdf

Download (974kB)
[img] Text
20204008_bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
20204008_bab2.pdf

Download (521kB)
[img] Text
20204008_bab3.pdf

Download (464kB)
[img] Text
20204008_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
20204008_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
20204008_bab6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
20204008_daftarpustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text
20204008_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
20204008_pernyataanpublikasi.pdf

Download (119kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Question Card Board terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang dan mengetahui efektivitas metode Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card Board terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai sampel, yakni kelas eksperimen (VIII-A) dengan jumlah 20 siswa dan kelas kontrol (VIII-B) juga dengan jumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pretest dan posttest, masing-masing terdiri dari 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode Teams Games Tournament dengan bantuan Media Question Card Board terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang telah sesuai dengan prosedur dan seluruh aspek yang diamati terlaksana dengan baik. 2) Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 64,65 dibandingkan 39,90, yang menunjukkan adanya perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kedua kelas. Perhitungan effect size sebesar 0,526409256 masuk dalam kategori "sangat tinggi," yang berarti metode Teams Games Tournament berbantuan Media Question Card Board efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: SAFINATUN MUCHAROFAH
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:25
Last Modified: 30 Jul 2024 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item