TRISNAWATI, TRISNAWATI (2018) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 5 NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123714_PRA BAB.pdf Download (771kB) |
|
Text
932123714_BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
932123714_BAB II.pdf Download (740kB) |
|
Text
932123714_BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
932123714_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
932123714_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text
932123714_BAB VI.pdf Download (415kB) |
|
Text
932123714_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK TRISNAWATI, Dosen Pembimbing Salam Sunaiyah, S.Ag, M.Pd. dan Addin Arsyadana, M.Pd.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTsN 5 Nganjuk Tahun Ajaran 2017/18. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru pasti menemui masalah yang dialami oleh siswa dan dapat menghambat proses belajar mengajar, salah satu masalahnya yaitu kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Jadi guru harus mempunyai metode-metode yang mudah digunakan dalam mempelajari AlQur’an. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) Bagaimana kemampuan siswa kelas VII MTsN 5 Nganjuk dalam membaca Al-Qur’an, 2) Kesulitan apa saja yang dialami siswa MTsN 5 Nganjuk dan bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an tersebut, 3) mengapa anak mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru Al-Qur’an, siswa kelas VII, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan pihak-pihak terkait lainnya. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan siswa kelas VII MTsN 5 Nganjuk dalam hal membaca Al-Qur’an sangat variatif, ada yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan juga ada yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an . 2) kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam melafadzkan huruf hijaiyah/makharijul huruf, kesulitan dalam membedakan harakat panjang dengan harakat pendek, dan peguasaan tajwid yang kurang. Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yaitu membiasakan membaca surat pendek sebelum pelajaran dimulai, metode halaqah, membaca dan menulis, motivasi. 3) faktor yang menjadi penyebabnya adalah minat, keluarga, lingkungan dan asal sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 04:14 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 04:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1341 |
Actions (login required)
View Item |