UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 5 NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018

TRISNAWATI, TRISNAWATI (2018) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 5 NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123714_PRA BAB.pdf

Download (771kB)
[img] Text
932123714_BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
932123714_BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
932123714_BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
932123714_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
932123714_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
932123714_BAB VI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932123714_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TRISNAWATI, Dosen Pembimbing Salam Sunaiyah, S.Ag, M.Pd. dan Addin Arsyadana, M.Pd.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTsN 5 Nganjuk Tahun Ajaran 2017/18. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru pasti menemui masalah yang dialami oleh siswa dan dapat menghambat proses belajar mengajar, salah satu masalahnya yaitu kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Jadi guru harus mempunyai metode-metode yang mudah digunakan dalam mempelajari AlQur’an. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) Bagaimana kemampuan siswa kelas VII MTsN 5 Nganjuk dalam membaca Al-Qur’an, 2) Kesulitan apa saja yang dialami siswa MTsN 5 Nganjuk dan bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an tersebut, 3) mengapa anak mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru Al-Qur’an, siswa kelas VII, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan pihak-pihak terkait lainnya. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan siswa kelas VII MTsN 5 Nganjuk dalam hal membaca Al-Qur’an sangat variatif, ada yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan juga ada yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an . 2) kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam melafadzkan huruf hijaiyah/makharijul huruf, kesulitan dalam membedakan harakat panjang dengan harakat pendek, dan peguasaan tajwid yang kurang. Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yaitu membiasakan membaca surat pendek sebelum pelajaran dimulai, metode halaqah, membaca dan menulis, motivasi. 3) faktor yang menjadi penyebabnya adalah minat, keluarga, lingkungan dan asal sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:14
Last Modified: 05 Aug 2020 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item