Hasanah, Maulani Binti Ma'arif Hijrotul (2024) Pengaruh Soft Skill Dan Literasi Digital Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pada Era Society 5.0 (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20402125_prabab.pdf Download (324kB) |
|
Text
20402125_bab1.pdf Download (258kB) |
|
Text
20402125_bab2.pdf Download (204kB) |
|
Text
20402125_bab3.pdf Download (214kB) |
|
Text
20402125_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
Text
20402125_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text
20402125_bab6.pdf Download (30kB) |
|
Text
20402125_daftarpustaka.pdf Download (169kB) |
|
Text
20402125_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20402125_sp.pdf Download (1MB) |
Abstract
Era Society 5.0 dengan perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan setiap mahasiswa mampu memiliki ketrampilan untuk menghadapi perubahan digital. Kesiapan kerja dipengaruhi oleh banyak hal khususnya soft skill dan literasi digital. Soft skill berkaitan dengan kepribadian seseorang, ketrampilan sosial, pemecahaan masalah, dan kemampuan komunikasi. Literasi digital mengacu pada keterampilan seseorang untuk memanfaatkan teknologi dan media digital secara selektif dan kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui soft skill dan literasi digital berpengaruh terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuesioner menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri angkatan 2020 dengan sampel berjumlah 110 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, asumsi klasik, korelasi berganda, regresi berganda, analisis korelasi, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini adalah 1) Bahwa variabel soft skill (X1) berpengaruh terhadap variabel kesiapan kerja (Y) yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,628 > ttabel 1,982 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Bahwa variabel literasi digital (X2) berpengaruh terhadap variabel kesiapan kerja (Y) yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 4,862 > 1,982 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. 3) Berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa variabel soft skill (X1) dan literasi digital (X2) berpengaruh terhadap variabel kesiapan kerja (Y) dibuktikan dengan Fhitung sebesar 57,643 > Ftabel 3,08 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi memperoleh hasil nilai R2 sebesar 0,519. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan variabel soft skill (X1) dan literasi digital (X2) secara simultan dengan variabel kesiapan kerja (Y) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 51,9%. Sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | MAULANI BINTI MA`ARIF HIJROTUL HASANAH |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:52 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13409 |
Actions (login required)
View Item |