Pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Nabawi Maftahul Uluum

Afifah, Lailatul Nur (2024) Pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Nabawi Maftahul Uluum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110720_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932110720_bab1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
932110720_bab2.pdf

Download (563kB)
[img] Text
932110720_bab3.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932110720_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
932110720_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
932110720_bab6.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932110720_daftar_pustaka.pdf

Download (405kB)
[img] Text
2024_07_17_09_16_13 Lailatul.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Nabawi Maftahul Uluum, (2) pengaruh interaksiteman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Nabawi Maftahul Uluum, dan (3) pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Nabawi Maftahul Uluum. Penelitian ini menggunakan pendeketan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto dengan populasinya adalah siswa kelas VII sebanyak 81siswa. Sampel yang diambil sebayak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Total Sampling dengan teknik pengumpulan data yakni kuesioner dan test. Teknik Analisis yang digunakan yakni deskripsi data dan Analisis Inferensial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar dengan nilaisebesar 4,961 > yakni 1,994 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka ditolak dan diterima. (2) ada pengaruh yang positifdan signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai3,711 > yakni 1,994 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka ditolak dan diterima. (3) ada pengaruh secara simultan dan signifikan antara kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai sebesar 15,275 > yakni 3,113 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka ditolak dan diterima.Kemudian diketahui bahwasanya nilai (Koefisien Determinasi) sebesar 28,1 % artinya kesiapan belajar dan Interaksi Teman Sebaya secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar untuk sisanya 71,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL NUR AFIFAH
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:17
Last Modified: 17 Jul 2024 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item