Annisa, Nanda (2024) Keefektifan Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas 3 MI Kreatif Ypsm Mangiran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932601218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932601218_bab1.pdf Download (442kB) |
|
Text
932601218_bab2.pdf Download (315kB) |
|
Text
932601218_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
932601218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
932601218_bab5.pdf Download (2MB) |
|
Text
932601218_daftar pustaka.pdf Download (249kB) |
|
Text
932601218_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (139kB) |
Abstract
NUR LAILI, ANNISA NANDA FATHIN, Dosen Pembimbing, Ummiy Fauziyah Laili, M.Si, Novi Rosita Rahmawati, M.Pd.I. Keefektifan Metode Problem Based Learning berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 3 MI Kreatif YPSM Mangiran. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyah, IAIN KEDIRI, 2022. Kata Kunci ; Metode Problem based learning berbantuan media Ular tangga , Literasi Numerasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan literasi numerasi siswa kelas 3 MI YPSM Mangiran. Salah satu metode yang dapat meningkatkan literasi numerasi adalah metode Problem based learning berbantuan media ular tangga. Didasari asumsi bahwa metode problem based learning ini dapat membantu peserta didik memecahkan masalah yang diajarkan dengan cepat sekaligus menerapkan literasi numerasi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem based learning berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 3 MI Kreatif YPSM Mangiran, dan mengetahui keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 3 MI Kreatif YPSM Mangiran. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian disini menggunakan teknik eksperimental. Yaitu Quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Pada design ini terdapat pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini 1) Penerapan Metode problem based learning berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 3 MI Kreatif YPSM Mangiran adalah sebagai berikut : Dalam pembelajaran metode problem based learning berbantuan media ular tangga ini pembelajaran dilaksanakan tiap 2 sampai 3 kali dalam satu minggu, di sesuaikan dengan buku tematik ketika terdapat pembelajaran Matematika. Instrumen yang gunakan yaitu tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t.Hal ini ditunjukan dengan nilai sig< α = 0.05 )0.000<0,05( dan thitung > ttabel (–16.485 >2.093) menunjukkan bahwa H0 di tolak artinya terdapat peningkatan literasi numerasi siswa setelah menerapkan metode problem based learning berbantuan media ular tangga pada peserta didik MI Kreatif YPSM Mangiran. 2) Keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan problem based learning berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 3 MI Kreatif YPSM Mangiran dapat dilihat dari Indikator efektifitas metode problem based learning berbantuan media ular tangga adalah terdapat ≤ 75% siswa tuntas dan uji t menunjukkan bahwa kelas eksperiemn memiliki peningkatan literasi numerasi lebih baik dari kelas kontrol. Tercapainya indikator keefektifan terhadap peningkatan literasi numerasi siswa merupakan hasil dari siswa yang telah menerapkan media ular tangga untuk melakukan kegiatan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ANNISA NANDA FATHIN NUR LAILI |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 02:45 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13391 |
Actions (login required)
View Item |