Pengaruh Penerapan Metode SAS (Structural Analitik Sintetik) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas I SDN Ngronggo 5

Musyarofah, Nurul (2024) Pengaruh Penerapan Metode SAS (Structural Analitik Sintetik) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas I SDN Ngronggo 5. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605620_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605620_Bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605620_Bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605620_Bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605620_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
932605620_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932605620_Bab6.pdf

Download (798kB)
[img] Text
932605620_Daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605620_Pernyataanpublikasi.pdf

Download (204kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran structural analitik sintetik (SAS) 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran structural analitik sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas I di SDN Ngronggo 5. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngronggo 5 dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang merupakan peserta didik kelas I SDN NGronggo 5. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental design, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes kemampuan membaca dengan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji analisis data deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Cara penerapan metode SAS (Struktural, Analitik, Sintetik) yang pertama yaitu struktural, metode pembelajaran ini mengawali pembelajaranya dengan menampilkan dan memperkenalkan sebuah kalimat yang utuh. Yang kedua yaitu analitik, pada proses analitik peserta didik dikenalkan dengan konsep kata. Kalimat utuh diuraikan kadalam satuan-satuan Bahasa yang lebih kecil yang disebut kata. Proses penganalisisan atau penguraian ini terus berlanjut hingga satuan Bahasa terkecil yang tidak bisa diuraikan lagi, yakni menjadi huruf-huruf. Langkah yang ketiga yaitu sintetik, pada tahap sintetik peserta didik didorong untuk menyimpulkan. Satuan-satuan Bahasa yang telah terurau tadi dikembalikan lagi pada kalimat semula yaitu huruf menjadi suku kata, suku kata menjadi kata, kata menjadi kalimat. Dengan melalui proses sintetik ini peserta didik akan menemukan kembali struktur kalimat semula. 2) Berdasarkan dari uji paired sample t-test, output hasil uji t diperoleh nilai sig. 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode structural analitik sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca. Khususnya bagi peserta didik kelas I SDN Ngronggo 5.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NURUL MUSYAROFAH
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:58
Last Modified: 17 Jul 2024 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13378

Actions (login required)

View Item View Item