Implementasi Strategi Layanan Picking Service dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Produk Simpanan (Studi di Koperasi Syariah Rizky Amanah Jaya Kepung Kediri)

Ratnawati, Dewi (2024) Implementasi Strategi Layanan Picking Service dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Produk Simpanan (Studi di Koperasi Syariah Rizky Amanah Jaya Kepung Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934205119_prabab.pdf

Download (311kB)
[img] Text
934205119_bab1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
934205119_bab2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
934205119_bab3.pdf

Download (152kB)
[img] Text
934205119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
934205119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
934205119_bab6.pdf

Download (40kB)
[img] Text
934205119_daftarpustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
934205119_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (47kB)

Abstract

Dewi Ratnawati. Dosen Pembimbing M. Soleh Mauludin, SE, M.S.I dan Suprihantosa Sugiarto, SEI, MH. Implementasi Strategi Layanan Picking Service dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Produk Simpanan (Studi di Koperasi Syariah Rizky Amanah Jaya Kepung Kediri). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2023. Kata kunci: Strategi, Pelayanan, Picking Service Pelayanan merupakan salah satu faktor yang dapat membuat anggota merasa nyaman dan tetap bertahan. Salah satu bentuk pelayanan yang diterapkan oleh Koperasi Syariah Rizky Amanah Jaya Kepung Kediri ialah pelayanan picking service. Strategi pelayanan ini memudahkan anggota karena anggota tidak perlu keluar rumah atau meninggalkan usahanya untuk menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelayanan yang ada serta implementasi pelayanan picking service dalam meningkatkan kepuasan anggota produk simpanan di Koperasi Syariah Rizky Amanah Jaya Kepung Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ini dilakukan dengan pihak lembaga, pihak anggota produk simpanan, dan pihak yang tidak tidak bergabung menjadi anggota. Kemudian untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan dan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) strategi pelayanan melalui picking service yang diterapkan pada anggota produk simpanan didasarkan pada lima indikator pelayanan (bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, serta empati) dapat dinyatakan bahwa layanan picking service telah sesuai proses namun terdapat kendala yaitu keterlambatan anggota hingga menyebabkan anggota menjadi keluar. Keterlambatan ini disebabkan karena ada anggota yang terus melakukan pembicaraan di luar topik pelayanan sehingga karyawan harus menghentikan pembicaraan tersebut dengan memberikan pengertian, namun hal tersebut terus diulangi. (2) Berdasarkan indikator kepuasan (re-purchase, terciptanya word of mouth, terciptanya citra merk, dan terciptanya keputusan pembelian), dapat dinyatakan bahwa dari 8 narasumber (selain pihak lembaga) 50% merasa puas sehingga tetap bergabung menjadi anggota, 25% merasa puas namun sudah tidak bergabung menjadi anggota karena tempat tinggal yang berpindah, sedangkan 25% lainnya merasa tidak puas karena keterlambatan dalam menjemput dana simpanan sehingga memutuskan untuk tidak lagi bergabung menjadi anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Dewi Ratnawati
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:42
Last Modified: 11 Jul 2024 01:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item